Banyak Orang Crazy Rich Pindah ke Sini, Harga Rumah Mencapai Rp 317 M

by -150 Views

Beberapa orang super kaya dunia dilaporkan telah beralih fokus untuk memiliki properti di Florida Selatan, Amerika Serikat (AS). Hal ini telah meningkatkan harga properti di wilayah ini. Mencatat data dari dua konsultan properti, Douglas Elliman dan Miller Samuel, harga jual rata-rata rumah di Palm Beach mencapai US$ 20 juta (Rp 317 miliar) pada kuartal ketiga 2023.

Harga per kaki persegi rumah yang dijual di Palm Beach juga telah mencapai US$ 4.554, yang merupakan 2,5 kali lebih mahal daripada Manhattan, New York. Chris Leavitt, broker terkemuka Palm Beach di Douglas Elliman, mengatakan bahwa harga properti di wilayah ini sangat luar biasa. Persediaan properti yang terbatas, terutama bagi kelompok dengan kekayaan bersih yang sangat tinggi, membuat harga properti di wilayah tepi danau atau tepi pantai menjadi mahal.

Leavitt menambahkan bahwa rendahnya persediaan properti akan terus meningkatkan harga properti di wilayah ini. Ini membuat properti di area prime bahkan mahal bagi para multijutawan. Meskipun demikian, masih ada rumah-rumah bagus di Palm Beach dengan harga di bawah $10 juta.

Pertumbuhan properti mewah di Florida Selatan didorong oleh perpindahan jutawan dan miliarder dari negara-negara bagian dengan pajak tinggi seperti New York, New Jersey, dan California. Karena biasanya pembeli yang sangat kaya membayar tunai untuk properti mereka, mereka tidak terlalu terpengaruh oleh kenaikan suku bunga hipotek.

Palm Beach hanya memiliki 53 rumah di pasar pada kuartal ketiga 2023, turun 61% dari tingkat sebelum pandemi. Kekurangan rumah yang tercatat telah mengurangi jumlah penjualan, yang turun 31% selama setahun terakhir. Beberapa penjualan rumah termahal di Palm Beach mencapai harga fantastis, seperti rumah tepi laut yang terjual seharga US$ 50 juta (Rp 793 miliar). Selain Palm Beach, Miami Beach juga mengalami peningkatan nilai properti hingga 62%, dengan harga rata-rata properti mewah mencapai rekor US$ 25 juta (Rp 396 miliar).

Beberapa miliarder, seperti Eric Schmidt dan istrinya, juga telah membeli beberapa properti di Miami. Miliarder hedge-fund Ken Griffin terus memperluas portofolionya di Star Island, sementara Jeff Bezos juga menyertai klub pantai miliarder dengan membeli dua properti di Indian Creek Village.

Meskipun adanya tren kenaikan suku bunga hipotek dan kondisi ekonomi saat ini, pasar properti mewah di Palm Beach dan Miami Beach nampaknya tidak terpengaruh.