Anak Johan Tedja: Saiful Ilah Pantas Dicontoh, Rajin dan Tidak Pernah Meminta-minta – Deliknews.com

by -130 Views

Direktur Utama PT. Makmur Berkah Amanda Tbk, Adi Saputra Tedja, anak dari pengusaha ternama Johan Tedja Surya, menyatakan bahwa ia mengenal Saiful Illah sejak pulang dari Australia pada tahun 2009. Saat itu, Saiful Illah masih menjabat sebagai wakil Bupati Sidoarjo. Adi mengemukakan hal ini di Pengadilan Tipikor Surabaya saat menjadi saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi yang mencapai sekitar Rp 44 miliar dengan terdakwa Mantan Bupati Sidoarjo, Saiful Illah.

Adi juga menjelaskan bahwa PT. Makmur Berkah Amanda Tbk saat ini memiliki lahan sekitar 500 Hektar di kawasan industri Sidoarjo, di sembilan Desa. Selain itu, Adi juga mengaku kenal baik dengan anak Saiful Illah yang bernama Achmad Amir Aslichin dan Abdullah Mukhlis.

Dalam sidang, Adi juga menjawab pertanyaan terkait pembelian tanah yang melibatkan Abdullah Mukhlis dan Achmad Amir Aslichin serta pembayaran yang dilakukan melalui rekening pribadi. Adi menyatakan bahwa saat itu perusahaan masih belum go public sehingga pembelian lahan sering dilakukan melalui rekening pribadi. Namun setelah perusahaan tersebut terbuka untuk umum, pembelian lahan dilakukan melalui rekening perusahaan.

Terkait harga jual tanah, Adi juga membahas pembelian tanah milik Misbach yang diketahui dibeli oleh PT Griya Prima Amanda sebesar Rp 6,5 miliar melalui 11 transaksi pembayaran. Adi mengakui bahwa tanah tersebut dibeli melalui Abdullah Mukhlis dengan harga Rp 600.000 per meter persegi.

Di akhir persidangan, Adi memuji sikap terdakwa Saiful Illah yang tidak pernah meminta sesuatu pada dirinya atau perusahaannya, namun hasil kerjanya selalu cepat. Terdakwa pun menanyakan apakah Adi pernah mencampuri urusan dengan anaknya (Mukhlis) terkait jual beli tanah, namun Adi membantah hal tersebut.

Sebelumnya, mantan Bupati Sidoarjo Saiful Illah didakwa menerima gratifikasi selama menjabat sebagai Bupati Sidoarjo selama 2 periode, yakni 2010-2015 dan 2016-2021.