5 Tanda bahwa Kamu Tidak Akan Menjadi Kaya, Apa Saja?

by -132 Views

Semua orang pasti ingin menjadi kaya raya. Sebab, dengan memiliki banyak uang, seseorang bisa melakukan apapun yang diinginkan. Terdapat juga istilah yang mengatakan bahwa “semua bisa dibeli dengan uang.”

Meskipun demikian, ternyata ada beberapa tanda atau ciri-ciri yang menunjukkan bahwa seseorang akan kesulitan menjadi kaya. “CNBC Make It” telah merangkum setidaknya 5 tanda berikut ini:

1. Tidak pernah menghitung total pengeluaran
Setiap minggu atau bulan, seseorang menerima uang masuk ke rekeningnya. Sebagian orang selalu mencatat berapa jumlah uang tersebut dan dari mana asalnya. Namun, hanya sedikit orang yang melacak pengeluaran setiap bulannya. Alasannya karena melupakan dan terlalu gembira menghambur-hamburkan uang. Hal ini bisa menyebabkan masalah karena melupakan catatan pengeluaran menutup kemungkinan tidak menemukan cara mengurangi pengeluaran. Oleh karena itu, penting untuk mencatat pengeluaran agar mengetahui kemana uang tersebut digunakan.

2. Tidak memiliki niat untuk menabung
Setiap manusia pada dasarnya memiliki banyak kebutuhan dan keinginan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menabung. Namun, apabila seseorang tidak membutuhkan atau menginginkan sesuatu, bukan berarti dia bisa melupakan dana tabungannya. Menabung penting untuk berjaga-jaga.

3. Tidak memiliki pendapatan lain selain gaji bulanan
Hidup dari gaji bulanan saja sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga untuk menabung atau berinvestasi. Oleh karena itu, penting untuk mencari pendapatan lain selain dari gaji bulanan.

4. Tidak mampu membayar tagihan
Banyak orang memiliki tagihan. Namun, tagihan tersebut harus bisa dibayarkan secara tepat waktu agar tidak menumpuk dan membuat kesulitan.

5. Tidak memiliki dana darurat
Dana darurat adalah dana yang disiapkan untuk mengantisipasi berbagai kondisi darurat yang membutuhkan kehadiran dana tunai segera. Memiliki dana darurat sangat penting untuk menghindari utang saat membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat.

Jadi, itulah lima tanda bahwa seseorang akan kesulitan menjadi kaya. Jika ada tanda-tanda tersebut, tidak ada salahnya untuk berbenah sebelum terlambat.