Kaitkan Diabetes dan Pneumonia dalam Tindakan Bedah di Eka Hospital

by -498 Views

Eka Hospital Group menggelar acara Health Talk untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan dan pengelolaan diabetes serta melindungi diri dari pneumonia. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Diabetes dan Hari Pneumonia yang jatuh pada bulan November.

Dalam acara Health Talk, Eka Hospital bekerja sama dengan PT Pfizer Indonesia dengan tema “Usir Khawatir Risiko Pneumonia pada Penyandang Diabetes”. Narasumber acara ini adalah dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, Dip.TH, Dip.SN, DCD, FRSPH dari Eka Hospital BSD.

Diabetes menjadi perhatian masyarakat Indonesia karena dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit, termasuk pneumonia. Pneumonia adalah kondisi medis di mana paru-paru mengalami infeksi yang dapat menjadi serius pada individu dengan diabetes.

Dijelaskan dr. Rudy bahwa semua orang memiliki risiko terkena penyakit pneumonia, terutama bayi di bawah 2 tahun dan orang dewasa di atas 50 tahun. Oleh karena itu, vaksin pneumonia sangat dianjurkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vaksin pneumonia dan vaksin influenza direkomendasikan untuk penyandang diabetes karena bisa menjadi pemicu terjadinya pneumonia. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh penderita diabetes cenderung menurun.

Orang-orang dengan risiko tinggi terkena pneumonia, seperti perokok, alkoholisme, dan paparan terhadap bahan kimia berbahaya juga direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin pneumonia.

Eka Hospital Group bekerja sama dengan Pfizer Indonesia untuk meningkatkan edukasi masyarakat tentang risiko pneumonia. Pfizer juga menyediakan konten digital Paru-paruku Kesayanganku berisi informasi edukatif mengenai penyakit pernapasan, termasuk pneumonia.