Prabowo-Gibran Resmikan Mobil Rumah Sehat Keliling RBUI – Deliknews.com

by -209 Views

Relawan Prabowo-Gibran Rabu Biru Untuk Indonesia (RBUI) memulai kegiatannya dengan meluncurkan dua unit mobil Rumah Sehat Keliling Rabu Biru yang beroperasi di kawasan Cikoding (Cilincing, Koja, dan Kelapa Gading) Jakarta Utara, pada Minggu (10/12/2023).

Peluncuran Rumah Sehat Keliling Rabu Biru ini dilakukan dengan memberikan layanan kesehatan terbatas kepada 100 warga Cikoding, Jakarta Utara. Di dalam mobil tersebut, terdapat dokter, tenaga kesehatan (nakes), dan peralatan pemeriksaan kesehatan.

Roy Maningkas, Penasihat RBUI, menyatakan bahwa relawan RBUI juga akan fokus pada pemberdayaan kesehatan masyarakat, penanganan stunting dengan pemeriksaan dan pemberian vitamin, serta makanan bergizi kepada ibu hamil. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung Indonesia Emas 2045 dengan memanfaatkan bonus demografi agar masyarakat sehat dan produktif yang akan berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Selama 6 bulan terakhir, RBUI juga telah bekerja sama dengan pihak independen dalam melakukan pemeriksaan kolesterol untuk masyarakat Jabodetabek dengan sampel hampir 200 ribu orang. Roy menjelaskan bahwa tingginya angka kolesterol total di atas ambang normal merupakan hal yang mengkhawatirkan.

RBUI juga fokus pada kesehatan preventif, yaitu membantu pemerintah bergeser dari fokus penanganan kuratif menjadi preventif. Hal ini dilakukan melalui pencegahan stunting dengan pemeriksaan ibu hamil, penambahan gizi bagi ibu hamil dan menyusui, serta penguatan gizi anak hingga 1000 hari kehidupan.

Melalui program Rumah Sehat Keliling Rabu Biru, RBUI juga melakukan pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kadar gula darah, kolesterol, dan beberapa pemeriksaan lain. Dalam rentang dua bulan ke depan, pemeriksaan kesehatan RBUI akan menyasar 48 titik di sepanjang area Jabodetabek.

Ketua Umum RBUI, Henny Daeng Parani, menjelaskan bahwa konsep Rumah Sehat Keliling Rabu Biru diharapkan dapat menjadi bagian dari penanganan kesehatan dari program Prabowo-Gibran yang tidak terpisahkan dari sistem kesehatan, pencegahan penyakit, dan penanganan stunting. Program ini merupakan awal dari upaya RBUI untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang lebih luas, bahkan hingga ke daerah Pantura, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Henny menegaskan bahwa sumber dana bakti sosial ini sepenuhnya disumbangkan oleh para relawan RBUI yang memiliki rasa kebersamaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama.