Meningkatkan Potensi UMKM Melalui Penggunaan Startup

by -108 Views

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dan Staf Khusus Presiden RI Putri Tanjung telah sukses menggelar Pahlawan Digital UMKM 2023. Dalam acara penganugerahan Pahlawan Digital UMKM 2023 di The Telkom Hub, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2023), terdapat tiga pemenang, yaitu Chickin (juara 1), Jala (juara 2), dan Elevarm (juara 3).

Ketiga start-up digital tersebut masing-masing memiliki visi dalam memberdayakan UMKM di sektor hulu. Chickin adalah aplikasi yang menyediakan sistem manajemen pertanian untuk mendukung petani berkegiatan di ladang. Jala membantu meningkatkan produktivitas petani udang melalui solusi end to end, sedangkan Elevarm adalah perusahaan agriteknologi yang berfokus pada sektor hulu melalui pemberdayaan petani.

Ketiganya terpilih menjadi yang terbaik dari 10 inovator muda digital lainnya setelah mengikuti rangkaian kegiatan pitching day. Adapun 10 inovator dengan startup-nya yang melakukan pitching adalah Broiler X, Dynamic Buzz, Henbuk, Moleps, Arconesia, Chickin, Antrique, Silang.id, Elevarm, dan Jala.

Masing-masing juara berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp100 juta bagi juara satu, Rp75 juta untuk juara dua, dan juara tiga mendapatkan Rp50 juta.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki memberikan apresiasi kepada para inovator atas inisiatif dan kontribusinya dalam mengembangkan UMKM di sektor hulu melalui startup digital, sebagai salah satu upaya untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital.

Putri Tanjung yang juga Inisiator Pahlawan Digital UMKM sekaligus Staf Khusus Presiden RI menilai para inovator yang hadir pada acara tersebut mampu menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi UMKM.

Proses seleksi para finalis Pahlawan Digital UMKM 2023 dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, seperti background dan konsistensi founder, potensi pertumbuhan bisnis, sustainability, profitability, serta dampak yang diberikan terhadap UMKM.