Sukses Perluas Pasar Kopi Berkat ‘Klaster Hidupku’ BRI

by -260 Views

Papua menjadi salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kopi khasnya. Salah satu produsen kopi terkenal Indonesia berada di kampung Ambaidiru di Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan, bahwa perusahaan berkomitmen untuk memberikan pendampingan serta pemberdayaan melalui Klaster Usaha ‘Klasterku Hidupku’. Dengan begitu, para pelaku UMKM dapat menjadi lebih tangguh dan naik kelas.

Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru yang telah berdiri sejak tahun 1975, menjadi salah satu contoh keberhasilan ini. Produksi kopi ini telah dilakukan secara turun-temurun dari para orang tua terdahulu. Dari biji kopi ini, masyarakat dapat membangun perekonomian mereka.

Kopi dipilih karena cocok dengan wilayah di Ambaidiru yang berada di ketinggian 600-1000 mdpl. Saat ini, terdapat setidaknya 200 keluarga yang bekerja mengelola tanaman kopi di lahan seluas 81,27 hektar.

Hasil panen kemudian diolah menjadi kopi murni dengan proses yang cermat. Dengan kualitas yang terus dipertahankan, produk mereka berhasil menembus pasar ekspor, seperti Korea Selatan dan Jepang.

Simeon juga menjelaskan bahwa omzet yang diperoleh dari produksi kopi ini bisa dikatakan cukup baik dan bisa membantu kesejahteraan para petani. Omzet yang diperoleh berkisar Rp 2 – Rp 5 juta per panen.

Produksi kopi ini semakin berkembang berkat dukungan pembinaan dan permodalan yang diberikan oleh BRI di tahun 2021. Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru juga mendapatkan pelatihan usaha untuk para petani.

Sejak adanya pembinaan dari BRI, Simeon serta 240 anggota petani dan 3 kelompok besar tani yang tergabung mulai merasakan perubahan yang signifikan.