Indonesia, Negara yang Besar Namun Rentan Terhadap Ancaman, Bambang Haryo Setuju untuk Memperkuat Alutsista bersama Prabowo – Deliknews.com

by -120 Views

Politisi Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono menyatakan bahwa Indonesia memiliki 17.400 pulau dan sebagian besar wilayahnya adalah laut, sehingga rentan terhadap ancaman keselamatan dari pihak asing. Dengan jumlah penduduk sekitar 280 juta dan kekayaan alam yang melimpah, termasuk sumber daya alam mineral, pertambangan, pertanian, dan perikanan yang sangat potensial, Indonesia juga merupakan lokasi strategis di antara 5 benua dengan jalur angkutan laut terbesar di dunia.

Soekartono juga menyoroti perbandingan jumlah kapal selam antara Indonesia dan Singapura, di mana Singapura dengan jumlah penduduk hanya sekitar 5 juta memiliki 4 unit kapal selam yang dibuat antara tahun 2019-2022, sementara Indonesia hanya memiliki 4 unit kapal selam dengan salah satunya berumur 40 tahun.

Dia juga menyatakan dukungannya terhadap upaya Prabowo Subianto untuk memperkuat alutsista dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna melindungi Indonesia dan sumber daya alamnya.