Ternyata Restoran Ini bukan dari Jepang, Melainkan Buatan Indonesia

by -113 Views

Hoka Hoka Bento: Restoran Jepang Palsu dari Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia – Dengan nama yang bercorak Jepang dan khas makanan Jepang, banyak yang mengira bahwa Hoka Hoka Bento (HokBen) berasal dari Negeri Matahari Terbit. Namun, pada kenyataannya, HokBen bukanlah restoran asal Jepang, melainkan berasal dari Indonesia.

Kisah pendirian HokBen tidak terlepas dari sosok Hendra Arifin. Awalnya, Hendra adalah seorang pegawai biasa di perusahaan otomotif ternama di Indonesia dan sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam bisnis kuliner.

Namun, selama bekerja di perusahaan otomotif pada tahun 1980-an yang merupakan perusahaan rekanan Jepang, Hendra melihat potensi besar dalam bisnis restoran Jepang. Pada saat itu, di Indonesia memang belum banyak restoran Jepang, dan jika ada pun harganya sangat mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, Hendra mengambil langkah besar dalam hidupnya.

“Melihat adanya peluang bisnis di tengah kurangnya restoran Jepang di Indonesia, dia pergi ke Jepang untuk membeli hak lisensi Hoka Bento, restoran asli Jepang yang menyajikan bento untuk dibawa pulang,” tulis James Farrer dan David Wank dalam The Global Japanese Restaurant (2023).

Setelah membeli lisensi, Hendra kemudian keluar dari pekerjaannya dan mendirikan restoran Hoka Hoka Bento pada 18 April 1985. Cabang pertama HokBen diketahui berada di Kebon Kacang dan berada di bawah bendera PT. Eka Bogainti.

Hendra kemudian mengembangkan perusahaannya secara independen dari induk perusahaan Jepang, yang menurut James dan David, bangkrut pada 2008. Hal ini berarti HokBen lahir dan berasal sepenuhnya dari Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, operasional HokBen di Indonesia berbeda dengan di Jepang. HokBen di Indonesia juga menyediakan opsi makan di tempat, tidak hanya untuk dibawa pulang. Berkat inovasi ini, HokBen bisa berkembang pesat.

Lima tahun kemudian, HokBen sudah memiliki 30-an cabang di banyak lokasi di kota-kota besar di Indonesia. Sampai sekarang, HokBen masih eksis di Indonesia dan menjadi opsi restoran Jepang dengan 352 cabang tersebar di 72 kota Indonesia. Perusahaan juga telah resmi mengubah nama restoran dari “Hoka Hoka Bento” menjadi “HokBen” karena telah menjadi singkatan umum di masyarakat Indonesia.