Tantangan Strategis Bangsa: Tantangan Strategis Global [Meningkatnya Populasi]

by -120 Views

Dengan hampir 280 juta penduduk, Indonesia saat ini adalah negara nomor 4 dengan populasi terbanyak di dunia. Namun, pertumbuhan penduduk sebesar 1,1% per tahun mengindikasikan bahwa posisi Indonesia dapat tergantikan oleh Nigeria dalam waktu dekat, karena jumlah penduduknya diperkirakan akan lebih banyak dari Indonesia.

Diperkirakan bahwa pada tahun 2045, jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 324 juta jiwa, atau dengan kata lain, akan terjadi penambahan 44 juta jiwa dalam 20 tahun ke depan. Hal ini hampir sama dengan jumlah penduduk Provinsi Jawa Barat.

Dengan meningkatnya populasi di dunia dan di Indonesia, dibutuhkan peningkatan produksi pangan sebesar 56% untuk memenuhi kebutuhan 10 miliar populasi dunia pada tahun 2050. Hal ini juga berarti bahwa diperlukan tambahan luas lahan pertanian setara dengan dua kali lipat luas negara India. Pemenuhan pangan untuk semua akan menjadi tantangan yang sangat besar.

Dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan iklim, negara-negara akan semakin memprioritaskan produksi pangan untuk kebutuhan sendiri. Oleh karena itu, menjadi semakin penting bagi Indonesia untuk mencapai swasembada pangan.

Tidak hanya itu, Indonesia juga perlu menyediakan lapangan kerja, sekolah, rumah sakit, sanitasi, rumah, dan segala infrastruktur pendukung lainnya agar seluruh penduduknya dapat hidup dengan layak. Hal ini bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, namun sangat penting untuk diprioritaskan.

Source link