Survei Poltracking: Pemilih yang Dekat NU dan Muhammadiyah di Jatim Condong Pilih Prabowo-Gibran

by -307 Views

Lembaga Poltracking Indonesia merilis hasil survei mengenai preferensi pemilih di Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada hari Selasa (6/2). Menurut hasil survei tersebut, sebagian besar warga Jatim yang merasa dekat dengan Nahdlatul Ulama (NU) cenderung memilih pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

Menurut Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi, dukungan untuk Prabowo-Gibran mencapai 60,9%. Sedangkan paslon nomor urut 1, Anies Muhaimin mendapat dukungan sekitar 15,3%, dan paslon nomor urut 3, Ganjar Mahfud mendapat dukungan sebesar 16,3%.

Arya juga menyebutkan bahwa tren pemilih yang merasa dekat dengan NU dan memilih Prabowo-Gibran mengalami kenaikan drastis sebesar 19,2%. Sementara itu, keterpilihan Anies-Muhaimin cenderung stabil dengan kenaikan 0,7%, dan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan hingga 19,2%.

Dari survei yang dilakukan pada 25-31 Januari, Arya juga memuat potret arah dukungan ribuan responden yang merasa dekat dengan NU per September 2023 dengan simulasi tunggal dan Januari 2024 dengan simulasi berpasangan.

Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan bahwa dukungan untuk Prabowo-Gibran meningkat secara signifikan dari kalangan pemilih yang merasa dekat dengan NU. Sementara itu, terjadi penurunan dukungan bagi Ganjar-Mahfud.

Source link