Program Menarik 1 Desa Bisa Mendapatkan 1 Juta Rupiah, Apa Itu?

by -99 Views

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melalui program Desa BRILian memberikan hadiah senilai Rp 1 miliar kepada 1 desa pemenang. Hadiah ini diberikan kepada desa-desa yang dianggap aktif dalam mendorong perekonomian kerakyatan.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan bahwa saat ini BRI memiliki lebih dari 1.800 desa binaan dalam program Desa BRILian. Melalui program ini, setiap desa binaan didorong untuk mengembangkan potensi ekonominya, termasuk pariwisata, pertanian, perdagangan, dan digitalisasi.

“Dan itu kita lombakan setiap tahun. Juara 1 dapat Rp 1 miliar bagi 1 desa untuk pengembangan selanjutnya,” ungkapnya dalam CNBC Indonesia Market Outlook 2024, Kamis (15/2/2024).

Program Desa BRILian dimulai sejak 2020 sebagai strategi BRI untuk lebih memahami potensi wilayah. Program ini juga merupakan bagian dari aktivitas pemberdayaan dan eksistensi mantri BRI bersama dengan klaster usaha binaan BRI, pasar.id, dan Hyperlocal Ecosystem.

Desa BRILiaN adalah program pemberdayaan desa yang bertujuan menjadi contoh dalam pengembangan desa sebagai agen pembangunan. Hingga akhir 2023, 3.178 desa telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

Sunarso menegaskan bahwa program Desa BRILiaN merupakan contoh peran yang unik, di mana dalam satu program dapat tercapai dua tujuan, yaitu menumbuhkan nilai ekonomi dan nilai sosial.

“Program Desa BRILiaN adalah komitmen BRI sebagai perusahaan BUMN dalam menerapkan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersamaan sehingga tidak perlu dipertentangkan. Dengan kemampuan BRI menavigasi tantangan dengan baik, maka tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik,” jelas Sunarso.