Gibran Merespons Pencabutan Subsidi BBM untuk Makan Siang – Deliknews.com

by -91 Views

Solo (deliknews.com) – Gibran Rakabuming Raka angkat bicara tentang isu pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang akan dialihkan untuk membiayai program makan siang gratis yang menjadi salah satu program unggulan dari pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2.

“Saya belum dilantik sudah pada ribut ya, tenang saja. Ini fokusnya sekarang adalah perhitungan real count,” ujarnya kepada awak media seusai menghadiri Upacara Hari Jadi ke-279 Kota Solo di Taman Balekambang, Sabtu (17/2/2024).

Dia menegaskan, semua program yang diusung Prabowo-Gibran akan dikaji dengan baik dari sisi anggaran maupun sasarannya. Gibran menyarankan masyarakat tidak perlu khawatir.

“Nanti kami kaji lagi, anggarannya, sasarannya, tenang saja. Yang seperti itu program-program pasti dijalankan, dikaji dengan baik,” kata putra sulung Presiden Jokowi ini.

Gibran menyatakan, program yang diusung dalam visi dan misi Prabowo-Gibran semuanya ditujukan agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Dia pun meminta masyarakat bersabar.

“(Program kampanye) pasti dijalankan dan bisa bermanfaat untuk masyarakat luas,” ucapnya.

Diketahui perihal pencabutan subsidi BBM untuk membiayai program makan siang gratis menjadi hal yang ramai diperbincangkan netizen. Bahkan di media sosial (medsos) sempat menjadi trending topik.

Terkait hal tersebut Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Eddy Soeparno menegaskan, tidak akan memangkas subsidi energi seperti BBM dan elpiji 3 kg untuk program makan siang gratis. TKN akan melakukan evaluasi subsidi yang tidak tepat sasaran.

“Yang saya katakan secara keseluruhan adalah subsidi yang tidak tepat sasaran akan dievaluasi dan penghematannya dapat dialokasikan untuk pembiayaan program APBN lainnya. Saya tidak pernah mengatakan bahwa subsidi BBM bakal dipangkas, tetapi penyaluran subsidi energi perlu dievaluasi agar lebih tepat sasaran,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, program makan siang dan susu gratis akan menjadi program yang diprioritaskan oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah dilantik sebagai presiden dan wakil presiden.

“Pak Prabowo harapannya akan lebih cepat lebih baik karena rakyat juga mengharapkan program makan siang dan susu gratis bisa direalisasikan secepatnya,” ujarnya.

Sumber Berita: Beritasatu