Singapura Raksasa Percetakan Memperkenalkan AI di Pasar Indonesia

by -68 Views

ExpressPrint, perusahaan penyedia layanan pencetakan asal Singapura, telah memperluas bisnisnya ke Indonesia. Setelah memasuki pasar Malaysia pada tahun 2022, ExpressPrint memperkenalkan produk andalannya, PriceCal, ke Indonesia. PriceCal resmi diluncurkan di Indonesia sejak awal tahun 2024.

Pendiri ExpressPrint, Welson Ang, menjelaskan bahwa PriceCal adalah perangkat lunak kalkulasi harga cerdas berbasis kecerdasan buatan (AI). Perangkat ini dirancang untuk membantu para pencetak secara otomatis dan digital dalam proses pemesanan guna meningkatkan keterlibatan pelanggan, serta mengoptimalkan struktur biaya dan harga.

“PriceCal dapat terintegrasi dengan mudah ke sebagian besar situs web e-commerce dan dilengkapi dengan data biaya dari grosir besar yang memungkinkan pencetakan untuk standarisasi dan optimalisasi harga jual. Selain itu, perangkat lunak ini dilengkapi dengan modul algoritma keuntungan cerdas sehingga pengguna dapat dengan mudah mengatur margin keuntungan untuk produk dan layanan,” ujar Welson dalam keterangannya di Jakarta, pada Jumat (8/3/2024).

Sebagai penyedia solusi pencetakan, PriceCal memahami secara mendalam akan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh industri percetakan. Perangkat lunak ini mampu mengubah seluruh proses penjualan dengan membantu perusahaan percetakan menciptakan toko percetakan online dalam semalam. Selain itu, perusahaan percetakan dapat mengelola pesanan dengan lebih efisien dan meningkatkan profitabilitas.

“PriceCal memberdayakan perusahaan-perusahaan percetakan di Indonesia untuk terus berkembang di tengah perubahan industri dan persaingan yang semakin ketat. Perangkat lunak kami tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga membuka peluang melalui saluran penjualan baru di era digital ini,” tambah Welson.

PriceCal pertama kali diperkenalkan di Pameran Mesin Percetakan, Kertas, Pengemasan Internasional (IPMEX) pada tahun 2022 di Malaysia International Trade & Exhibition Center (MITEC), Kuala Lumpur. Produk ini memiliki antarmuka intuitif dan kemampuan yang tangguh sehingga menjadi primadona baru di industri percetakan.