Mama Muda Dipuji Jokowi karena Sukses dengan Kerupuk Modal Rp3 Juta

by -76 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Perkembangan positif sektor UMKM di Indonesia diungkap Presiden Joko Widodo dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024, Kamis (7/3/2024). Jokowi mengaku senang dengan perkembangan UMKM yang mulai berbenah diri seiring kinerja positif pembentukan holding ultra mikro, distribusi kredit, dan pengembangan produk. Dia lantas memamerkan salah satu produk UMKM yang ‘naik kelas’, yakni Kerupuk Rajungan Mama Muda.

Pada awalnya, pedagang kerupuk rajungan hanya memakai kemasan plastik biasa dan dijual di pasar atau kaki lima. Namun, kini kemasannya sudah bagus dan bisa masuk ke toko retail modern. “Meskipun belum semuanya, packagingnya seperti ini mungkin sudah 46% (produk UMKM),” katanya.

Selain itu, Jokowi juga memuji pemberian nama produk yang menyertakan ‘mama muda’. Katanya, ini bentuk salah satu kreativitas pemberian nama produk yang sangat disukainya.

Sebelumnya, Keripik Rajungan Mama Muda juga pernah dipuji Jokowi saat kunjungan kerja ke Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, dua minggu lalu. Kerupuk tersebut adalah produk UMKM buatan nasabah Mekaar Permodalan Nasional Madani (PNM) bernama Rita. Rita diketahui memanfaatkan hasil laut khas Baros berupa rajungan sebagai ide berbisnis.

Rita memulai bisnis pada 2021 dan dibantu kredit dari PNM. “Saya ambil modal Rp 3 juta. Jadi sekarang sampai Rp 8 juta. Saya ambil modal untuk bikin usaha ini,” kata Rita, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Berkat uang dari PNM, Rita mengaku bisnisnya sudah berkembang pesat. Kerupuk Rajungan Mama Muda perlahan tidak hanya dijual di satu titik di Maros, tetapi sudah tersebar ke banyak toko di kota. Setelah ini, Rita ingin fokus mengembangkan sayap bisnis ke luar Maros. Bahkan, dia ingin Kerupuk Rajungan Mama Muda dijual di Jakarta.

[Mfa/Mfa]