Dengan Pemberdayaan, BRI Meningkatkan Kekuatan Wanita Indonesia

by -101 Views

Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) berperan dalam mendukung peran wanita melalui berbagai program pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan wanita Indonesia. Salah satunya adalah Program BRInita (BRI Bertani di Kota).

BRI menyadari bahwa wanita yang tangguh tidak hanya ditandai oleh kecepatan, keteguhan, dan semangatnya dalam menjalani kehidupan. Wanita istimewa juga dilihat dari dukungan penuhnya terhadap keluarga, perhatian kepada anak, bahkan kontribusinya dalam perekonomian keluarga. Wanita juga berperan dalam berbagai bidang.

Dalam Program BRInita, BRI berperan penting dalam memberdayakan masyarakat, khususnya kaum wanita, dengan menciptakan ekosistem urban farming yang berkelanjutan di wilayah perkotaan padat penduduk. Program ini diharapkan dapat memberikan nilai sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Saat ini, Program BRInita sudah diimplementasikan di 21 lokasi di berbagai wilayah Indonesia, yang sebagian besar dijalankan oleh kelompok usaha wanita. Program ini ditujukan untuk wilayah padat penduduk dan permukiman kumuh yang memiliki penggiat lingkungan setempat, seperti anggota kelompok wanita tani, PKK, atau ibu-ibu.

Selain pembangunan sarana fisik, program ini juga menyediakan pelatihan berkelanjutan untuk menjaga kelestarian tanaman dan lingkungan sekitar. BRI juga memberikan pelatihan mengenai pengelolaan urban farming, serta melakukan monitoring dan pengembangan hasil urban farming untuk meningkatkan nilai ekonomis.

Sejak tahun 2022, Program BRInita telah melakukan 49 kali pelatihan bagi penerima manfaat, melibatkan 615 jiwa dari kelompok usaha wanita atau ibu-ibu PKK. Program ini telah menghasilkan panen ikan lele dan nila, pupuk organik cair, maggot Black Soldier Fly, serta tanaman obat-obatan keluarga.

Program BRInita merupakan bagian dari komitmen BRI dalam pemberdayaan wanita untuk berperan lebih besar dalam lingkungan keluarga, sosial, dan masyarakat. Program ini diharapkan dapat membantu wanita untuk terus berkarya, kreatif, dan berusaha dalam pembangunan ekonomi dan percontohan di masyarakat.

Program ini juga memberikan peluang bagi anggota kelompok untuk mengembangkan potensi seperti aquaponik, olahan makanan dari hasil panen, agrowisata, serta jaringan pemasaran produk. Melalui Program BRInita, BRI mendorong kaum wanita untuk menyalurkan potensi dan kreativitas yang dapat memberikan nilai ekonomis serta mendorong kesejahteraan wanita.