Acil Odah Memimpin Gerakan “Perempuan Menanam Ribuan Pohon” di Kalsel untuk Memperingati Hari Kartini

by -100 Views

Merangkai Harapan: Acil Odah dan Gerakan ‘Perempuan Menanam Ribuan Pohon’ Memperingati Hari Kartini di Kalsel

Banjarbaru – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Hj. Raudatul Jannah memimpin gerakan Perempuan Menanam dalam rangka memperingati Hari Kartini 2024 di kawasan Hutan Tropis Perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarbaru pada Senin (22/4).

Dengan berbusana adat atau kebaya, Acil Odah, yang merupakan panggilan akrabnya, mengajak ribuan perempuan, termasuk ASN/Non ASN di lingkungan pemprov, organisasi kewanitaan, pelajar, mahasiswi, serta forkopimda lainnya untuk menanam sekitar 4.000 bibit pohon.

“Jangan hanya berbicara saja, tetapi kita juga bisa berbuat di Kalsel,” ujar Acil Odah yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Aksi dengan tema “Perempuan Menanam” ini dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2024 diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) serta Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel.

Inisiatif Acil Odah untuk melibatkan ribuan perempuan ini turut dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, kepala SKPD, perwakilan dari Kementerian LHK, perbankan, dan perguruan tinggi di Kalsel.

Sebelum penanaman secara bersama-sama dilakukan, Acil Odah dan Paman Birin melepas 300 ekor burung perkutut, tekukur, dan keruang di lokasi yang sama.

Setelah penanaman, Paman Birin dan Acil Odah juga berinteraksi dengan peserta penanaman pohon, termasuk kelompok wanita seperti Acil Jukung (perempuan pedagang di Pasar Terapung), Acil Kambang (penjual bunga rentengan), dan Acil Sadap (perempuan penyadap pohon karet).

Acil Odah berharap tanaman tersebut akan tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan dan manusia. Dia menyatakan bahwa Hari Kartini adalah hari yang istimewa yang diperingati setiap tahun sebagai penghormatan kepada RA Kartini untuk memotivasi diri dalam perjuangan di zamannya.

“Meskipun kesetaraan gender terus ditekankan, para perempuan tetap ingat akan tugas mereka sebagai ibu dan istri yang tunduk kepada suami,” katanya.

Acil Odah menjelaskan bahwa peringatan Hari Kartini dengan menanam pohon dilakukan karena pentingnya persediaan oksigen dan penyerapan karbondioksida ke depan. Hal ini berkaitan dengan fungsi pohon seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk.

“Selain sebagai sumber oksigen, menanam pohon juga memiliki nilai ibadah dalam ajaran agama Islam, karena setiap pohon dapat dimanfaatkan oleh manusia dan hewan,” katanya.

Sementara itu, Paman Birin menyampaikan dalam sambutannya bahwa memperingati Hari Kartini berarti mengenang sejarah perjuangan seorang wanita, RA Kartini, yang memiliki semangat kepahlawanan dan perjuangan.

“Semoga para perempuan dapat lebih menghargai nama Banua di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Paman Birin juga berbagi kisah perjalanan hidupnya saat kecil dan bagaimana sang ibu bekerja keras untuk menghidupi sembilan anaknya sendirian setelah beberapa kali bercerai dengan sang ayah.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana yang juga Plt Kepala DPPKA Kalsel, Fathimatuzzahra, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan melibatkan lebih dari 2.500 perempuan dalam menanam 4.000 bibit pohon ekaliptus (eukaliptus) yang tersebar di area Hutan Hujan Tropis Indonesia atau di sekitar Kantor Dinas PUPR Kalsel sebanyak 1.800 bibit, serta 2.200 bibit lainnya di kawasan Kantor ATR BPN dan kawasan perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Kegiatan menanam pohon juga diisi dengan lomba-lomba dan penyerahan penghargaan kepada para perempuan berjasa dan berprestasi di Kalsel seperti Fatimah, Lasmina Hartati, Husnawari, Mulyani, Ernawati, Erma Ningsih, Erma Suryani, Matsudah, Sri Anggraini, Aneka, Endang Susanti, Sri Rejeki, Nur Irani.

Acara juga termasuk lomba merangkai kembang atau bunga dan lomba pantun yang diikuti oleh para perempuan dari Banjar dengan berpakaian tradisional; menggunakan daster, tapih di kepala, dan bapupur basah.

Sumber: https://www.alinea.id/daerah/peringati-hari-kartini-acil-odah-pimpin-gerakan-perempuan-menanam-ribuan-pohon-di-kalsel-b2k5m9POq

Source link