Acil Odah Menyampaikan Pesan Penuh Semangat kepada Perempuan Banjar saat Menanam Pohon demi Harmoni Hijau

by -98 Views

Acil Odah Mengirim Pesan Antusias kepada Perempuan Banjar saat Menanam Pohon

Banjarbaru—Ketua TP PKK Kalimantan Selatan yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Hj. Raudhatul Jannah (Acil Odah) melakukan penanaman pohon untuk memperingati Hari Kartini di Taman Hujan Tropis Indonesia, Perkantoran Pemprov Kalsel pada hari Senin (22/4/2024) pagi.

Didampingi oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin, Acil Odah secara simbolis menanam 2 batang pohon dan melepas burung pipit sebagai simbol kebebasan seorang perempuan.

Pada kesempatan tersebut, Acil Odah mengajak perempuan Banjar untuk mengambil inspirasi dari nilai-nilai Kartini sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari. Ia ingin merayakan perempuan agar dapat mandiri di era modern saat ini.

“Perempuan-perempuan Banjar memiliki peran yang sangat penting, tidak hanya bagi perempuan di dunia, tetapi juga di Kalsel. Benar kan? Kunci dari perempuan, karena banyak anak adalah perempuan. Jika kita ingin mengatur anak-anak, maka perempuanlah yang bertanggung jawab,” ujarnya saat menanam.

Tanpa mengesampingkan peran laki-laki terutama suami, Acil Odah menekankan bahwa perempuan memiliki peran yang signifikan dalam keluarga, termasuk dalam pengambilan keputusan dan sebagai pendorong bagi keluarga.

“Peran perempuan tidak boleh melebihi dari peran suami. Kita harus menghormati dan mendukungnya. Perempuan adalah tiang dan mitra bagi suami,” pesan Acil Odah.

Selain itu, Acil Odah juga menyarankan perempuan Banjar untuk taat kepada suami, seperti contoh yang diberikan olehnya sebagai istri dari Gubernur Kalsel, Paman Birin, dalam memberikan dukungan dan doa selalu.

Acil menambahkan, jika suami memiliki kekurangan, maka sang istri akan melengkapinya begitu juga sebaliknya. Ia selalu menekankan peran penting perempuan dalam keluarga untuk menciptakan keharmonisan dan kebahagiaan dalam kehidupan.

“Makna dari menanam pohon bersama perempuan adalah bahwa peran perempuan juga seperti melahirkan, yang akan meningkatkan pertumbuhan anak-anak sehingga kita membutuhkan udara yang banyak. Melalui penanaman ini, kita memastikan adanya suplai udara segar,” kata Acil Odah.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Fatimatuzzahra, Hari Kartini adalah tentang keberanian perempuan untuk keluar dari zona aman. Perempuan memiliki kemampuan untuk luas di luar sana.

“Kegiatan ini melibatkan 2.500 orang, dengan 90% di antaranya adalah perempuan, keberadaan perempuan Banjar,” katanya.

Fatimatuzzahra berharap agar penanaman pohon yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan demikian, ribuan pohon ini akan tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi semua makhluk hidup di bumi.

“Dengan cuaca yang mendukung, semoga Allah memberkati agar pohon-pohon ini tumbuh. Dan semoga bermanfaat bagi manusia, hewan, dan unsur lain di bumi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, tema dari penanaman pohon ini adalah “Perempuan Menanam”. Acara ini dihadiri oleh Paman Birin, Acil Odah, Direktur Bank Kalsel, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Forum Anak Provinsi Kalsel, dan Kelompok Tani Perempuan.

#Lingkungan, #RA Kartini, #Paman Birin, #Pemprov Kalsel,

Sumber: https://www.alinea.id/daerah/acil-odah-tanam-pohon-di-peringatan-hari-kartini-b2k5m9POs

Source link