Perusahaan Indonesia Pertama Bikin Aplikasi AI untuk Bisnis Kuliner di Dunia

by -97 Views

Perusahaan teknologi Indonesia, PT Esensi Solusi Buana (ESB), telah mengembangkan sistem POS (Point of Sales) dan ERP (Enterprise Resources Planning) yang didukung oleh teknologi AI (Artificial Intelligence).

AI dalam sistem POS dan ERP ESB dapat memberikan rekomendasi stok menu secara otomatis berdasarkan pengetahuan tentang menu-menu terlaris dan tidak laris. Di ESB Order, AI menyediakan personalisasi menu sesuai dengan preferensi pelanggan. Sementara di ESB Loop, AI membantu mengenal pelanggan dengan lebih baik melalui pengumpulan data dan kebiasaan pelanggan.

Sebagai spesialis di industri F&B, ESB telah menghadirkan solusi terbaru untuk membantu pengusaha kuliner meningkatkan profit secara otomatis. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaan pemilik bisnis dan mengurangi biaya operasional karena tidak perlu menggunakan layanan analis data, akuntan, auditor, atau konsultan bisnis. Para pengusaha dapat menghemat ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap tahun.

OLIN, Asisten AI yang Meningkatkan Penjualan dengan Akurasi 90%, berperan sebagai asisten AI yang memberikan rekomendasi praktis bagi pengusaha F&B, baik skala UMKM maupun enterprise.

Gunawan, CEO dan Co-Founder ESB, menyatakan bahwa OLIN dapat membantu pengusaha F&B mengelola bisnis dan meningkatkan penjualan dengan memprediksi potensi target penjualan, mengidentifikasi promosi yang paling efektif, merekomendasikan kombinasi menu, mencegah kecurangan, dan memeriksa kesehatan bisnis.

Fitur utama OLIN termasuk keamanan dan kerahasiaan data yang terjamin, akurasi proses data harian yang rinci dan akurat, laporan yang lengkap dan detail, realibilitas dalam mengolah data transaksi harian secara real-time sehingga rekomendasi yang diberikan spesifik, serta kemudahan penggunaan dengan user experience yang sederhana.

Chief Marketing Officer ESB, Fitriana Dyah, berharap OLIN dapat membantu pengusaha F&B meningkatkan omset. Mereka menargetkan setidaknya 80% pengguna ESB saat ini dapat menggunakan OLIN sebagai asisten bisnis mereka.