Diaspora Adalah Aset Bangsa, Harus Diperlakukan Secara Baik

by -77 Views

RAKYATBENTENG.BACAKORAN.CO – Staf Ahli Menpora RI bidang Kepemudaan dan Olahraga, Hamdan Hamedan, merespons pro dan kontra terkait pemberdayaan diaspora Indonesia di luar negeri. Menurutnya, diaspora Indonesia di luar negeri memiliki peran yang sangat penting bagi Indonesia.

Penyampaian tersebut dilakukan oleh Hamdan dalam diskusi dengan tema Peran dan Pemberdayaan Diaspora bagi Kebijakan Luar Negeri Indonesia yang diselenggarakan oleh Laboratorium Ilmu Politik Universitas Bakrie pada Rabu (22/5/2024).

Diskusi dihadiri oleh tiga narasumber, yaitu Muhsin Syihab (Staf Ahli Menlu RI bidang Hubungan Antar Lembaga) dan Muhammad Badaruddin (Dosen Ilmu Politik Universitas Bakrie).

Kegiatan diskusi ini dipandu oleh Yeyen Rostiani (Praktisi Media/Dosen Ilmu Politik Universitas Bakrie). Para narasumber tersebut sepakat tentang pentingnya peran diaspora di luar negeri bagi pembangunan di Indonesia.

Meskipun demikian, masih ada tantangan dalam mengoptimalkan peran dan pemberdayaan diaspora Indonesia di luar negeri untuk pembangunan di Indonesia.

“Saat ini terdapat pro dan kontra serta kurangnya literasi tentang diaspora di Indonesia,” tegas Hamdan saat menjelaskan tantangan terkait pemberdayaan diaspora di Indonesia.

Hamdan juga menyebutkan bahwa tantangan lain adalah minimnya hubungan diaspora Indonesia dengan tanah air.

“Diaspora seharusnya dilihat sebagai jembatan penghubung bagi bangsa Indonesia dengan arena Internasional,” tegas Muhammad Badaruddin.

Badaruddin berpendapat bahwa pandangan mengenai diaspora Indonesia harus mengalami perubahan secara bertahap. Selain itu, Muhsin Syihab menekankan pentingnya peran diaspora dalam memberikan kontribusi remitansi sebesar Rp 200 triliun, menjadikan mereka sebagai pahlawan devisa.

“Diaspora merupakan aset bangsa yang harus diperlakukan dengan baik, agar mereka tidak ragu untuk pulang dan turut membangun Indonesia,” pungkasnya.

Kegiatan diskusi ini juga dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan Ilmu Politik Universitas Bakrie yang berlokasi di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Sumber: https://rakyatbenteng.bacakoran.co/read/4435/diaspora-adalah-aset-bangsa-harus-diperlakukan-secara-baik/15

(dkk/jpnn)

Source link