Ketua PKBM Propinsi Mengucapkan Terima Kasih dan Mengapresiasi Kepada Bupati Malaka

by -120 Views

Malaka, NTT, deliknews – Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Luruhmutin Malaka dan Nekafmese, telah mengadakan program penguatan internal kelembagaan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Penguatan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) para tutor dan manajemen pengelola dari PKBM Luruhmutin dan PKBM Nekafmes tersebut bertujuan agar mereka memiliki kompetensi yang dapat berdampak pada masyarakat.

Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Policarpus do, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S. H., M. H. karena beliau memiliki program-program yang cemerlang. Termasuk dalam mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui bidang pendidikan.

Mendorong sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan bukan hanya dalam pendidikan formal, tetapi juga dalam pendidikan non formal. Ungkap Ketua PKBM Provinsi, Sabtu (13/7/2027) di ruang belajar Luruhmutin Malaka.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Bupati Malaka, karena telah mendorong peningkatan kapasitas Pengelola dan tutor melalui Dana Bantuan Operasional Kinerja (BOK). Maka, kegiatan selama 2 hari (12-13 Juli 2021) yang diselenggarakan oleh direktur PKBM Luruhmutin, Maria Deviana R. Seran,” tandasnya.

Lanjut Ketua PKBM Provinsi, menyatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh direktur Luruhmutin tersebut merupakan bentuk program penguatan kapasitas SDM internal kelembagaan dalam manajemen tutor dan pengelola.

Tujuannya adalah agar pendidikan masyarakat melalui satuan pendidikan non formal PKBM dapat menjadi bermutu dan berkualitas, serta berdampak pada masyarakat.

Pendidikan yang bermutu dan berkualitas tentu membutuhkan pengelolaan manajemen sumber daya manusia (SDM) yang handal, agar para tutor dan pengelola benar-benar memiliki kemampuan, kualitas, kuantitas, dan daya saing.

Sebab pendidikan non formal (PKBM) tidak hanya terbatas pada pendidikan kesetaraan (paket A, B, dan paket C), tetapi PKBM juga memiliki banyak program untuk masyarakat, tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Luruhmutin Malaka, juga seorang anggota DPRD Kabupaten Malaka yang terpilih dari Dapil 3, dari Partai PSI, Maria Delviana R Seran, menyatakan bahwa kegiatan pelatihan penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bagi tutor dan pengelola bertujuan untuk mendorong kinerja para tutor dan pengelola.

“Kami mendorong pendidikan non formal PKBM yang ada di Malaka, melalui contoh kegiatan dari pendidikan non formal (PKBM) agar pihak lain dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam mengelola PKBM tersebut,” terangnya.

Selanjutnya, direktur Luruhmutin Malaka menyatakan bahwa untuk memperoleh kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) dalam dunia pendidikan, diperlukan transformasi dari berbagai stakeholder dan komponen yang bergerak di bidang pendidikan, agar mereka dapat memberikan materi sesuai dengan pengalaman dan kemampuan mereka, demikian dilansir Devi Pasal (Dami Atok).