Chairul Tanjung Menjelaskan Metode Membangun Intuisi Bisnis

by -34 Views

Chairul Tanjung, pendiri CT Corp, mengatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan adalah mengikuti intuisi yang rasional. Intuisi yang rasional disebabkan oleh pengalaman yang telah terakumulasi sehingga kita dapat melihat karakter tertentu.

“Intuisi adalah sesuatu yang rasional, bukan irasional. Mengapa? Karena sebagai manusia, kita diberikan otak oleh Tuhan. Otak ini seperti komputer, dengan memori untuk mengingat dan prosesor untuk mengolah. Dengan mengolah daya ingatan kita dan menggabungkannya, kita dapat mencapai hasil yang diinginkan,” kata CT dalam Pertamina Creativepreneur Summit 2024 di JCC Senayan, Sabtu (24/8/2024).

Hasil tersebut akan menjadi memori yang tersimpan dalam diri kita. Namun, karena memori manusia terbatas, kita harus menyaring informasi yang penting untuk diingat.

CT memberikan contoh dengan cerita yang tidak nyata namun menggambarkan hal ini. Suatu kali, pemilik tanah di lokasi strategis ingin menjual tanahnya. Seorang insinyur terkenal dan lulusan ITB datang untuk menganalisa tanah tersebut, sementara orang kedua dengan pengalaman bisnis yang luas langsung memutuskan membeli tanah tanpa analisa yang rumit.

Untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat, kita harus melatih prosesor otak kita. Hal ini perlu dilakukan terus menerus melalui pengalaman dan pengetahuan yang terus berkembang.

Sebagai pengusaha yang sedang mengembangkan bisnisnya, Anda sendiri yang paling tahu apakah langkah anda sudah tepat. Latihlah diri Anda terus menerus dan perbanyaklah pengalaman agar intuisi anda dapat menjadi benar dan bisa diimplementasikan dengan baik.