Enam Strategi Inovasi Efektif Menurut Putri Tanjung

by -42 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Pendiri Creativepreneur Putri Tanjung mengingatkan bahwa inovasi harus selalu dilakukan, bahkan ketika kita gagal atau berhasil. Menurutnya, inovasi tidak pernah berakhir, dan diibaratkan seperti lari marathon, bukan sprint.

“Jika kita sukses, jangan lupa bahwa masih banyak masalah yang bisa ditingkatkan, karena inovasi bukanlah sesuatu yang berakhir. Jadi, apakah kita sukses atau gagal, sama saja dalam proses pembelajaran. Ini merupakan pembelajaran yang terus menerus, dan tidak pernah berakhir dalam hal inovasi,” kata Putri saat memberikan keynote speech di Creativepreneur Summit di JCC Senayan, Sabtu (24/8/2024).

Ia melanjutkan bahwa dalam berinovasi, kita harus mau menerima masukan dan kritik dari semua pihak. Putri mengatakan bahwa “tidak ada yang paling pintar di dalam ruangan.”

“Karena kita bukan orang terpintar dalam ruangan, kita harus terus menerus melakukan inovasi. Kita harus selalu mau terus berinovasi. Namun, sebelum kita berinovasi, kita juga harus selalu belajar. Karena ini merupakan proses pembelajaran yang tidak pernah berakhir,” pungkasnya.

Putri membagikan metode inovasi yang sangat efektif, yaitu enam mata inovasi.

Pertama, mengetahui apa saja yang bisa ditingkatkan atau menemukan permasalahan dalam hidup kita.

“Setelah kita mengidentifikasi permasalahan, kita akan menciptakan ide-ide yang dapat memecahkan permasalahan yang telah diidentifikasi,” jelas Putri.

Selanjutnya, mengevaluasi semua ide yang muncul untuk mencari yang paling efektif dari segi biaya, efisiensi, dampak, dan usaha.

Kemudian, mengimplementasikan ide yang terpilih dengan baik.

“Tentu, setelah kita mengimplementasikannya dan mengalokasikan waktu dan uang, langkah terakhir adalah perbaikan. Dan ini merupakan siklus inovasi yang tidak pernah berakhir,” tambah Putri.

(fs/ fs)