Bank Mandiri Mengedukasi PMI di Turki untuk Meningkatkan Minat Usaha

by -24 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menunjukkan komitmen dalam mendukung pertumbuhan minat kewirausahaan di Indonesia, termasuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri. Bank Mandiri kembali mengadakan program “Mandiri Sahabatku” di Ankara, Turki.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Aquarius Rudianto mengungkapkan bahwa Mandiri Sahabatku sudah berjalan sejak tahun 2011. Program ini telah mengedukasi dan mengelola hampir 17 ribu komunitas diaspora.

Aquarius menjelaskan bahwa program ini memberikan pelatihan kewirausahaan dan perencanaan keuangan kepada para PMI agar memiliki kemandirian ekonomi ketika kembali ke Indonesia. Tujuannya agar mereka tidak perlu kembali bekerja di luar negeri.

Setiap tahun, Mandiri Sahabatku membuka kelas pelatihan di berbagai negara seperti Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Jepang. Program ini juga membentuk komunitas bagi para PMI yang telah kembali ke Indonesia dan membantu mereka dalam membangun usaha seperti toko kelontong atau jasa transportasi.

Aquarius mencontohkan bahwa beberapa PMI yang telah kembali membuka usaha toko kelontong di desa mereka setelah mengikuti pelatihan dari Mandiri Sahabatku.

(dpu/dpu)