Orang Indonesia Pertama yang Memiliki Motor, Bukan Orang Kaya Tetapi…

by -86 Views

Sejauh ini motor telah menjadi salah satu alat transportasi paling populer di Indonesia. Menurut data Polri, terdapat 132 juta unit sepeda motor di Indonesia. Tetapi, siapa pemilik motor pertama di Indonesia?

Pemilik motor pertama di Indonesia ternyata bukanlah bangsawan, melainkan seorang buruh pabrik bernama John Charles Matthew Potter. Potter adalah seorang warga Inggris yang bekerja di Probolinggo, Jawa Timur sebagai buruh pabrik. Awalnya ia bekerja sebagai masinis di pabrik gula, namun kemudian beralih menjadi teknisi yang memperbaiki mesin-mesin pabrik gula.

Pada tahun 1893, Potter membeli sepeda motor langsung dari pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, seharga 1.000 gulden atau setara US$500. Motor tersebut memiliki kapasitas 1.500 cc dan bisa mencapai kecepatan hingga 45 Km/jam. Kedatangan motor ini menjadi sejarah sebagai kendaraan bermesin pertama di Indonesia selain kereta api.

Potter juga membantu membawa mobil pertama ke Indonesia pada tahun 1894. Kedatangan mobil dan motor ini membawa perubahan besar dalam transportasi di Indonesia. Popularitas motor dan mobil pun melesat, menggantikan transportasi bertenaga hewan yang ada sebelumnya. Pada tahun 1928, sudah terdapat 40.154 mobil dan 10.505 motor di seluruh Tanah Air.

Dengan kedatangan motor dan mobil ini, simbol kekayaan di Indonesia pun berubah dari kepemilikan kereta kuda menjadi motor atau mobil. Potter telah berperan besar dalam memperkenalkan teknologi sepeda motor dan mobil di Indonesia, membawa perubahan besar dalam sejarah transportasi di Tanah Air.