Tantangan Strategis Bangsa: Tantangan Strategis Global [Konflik Bersenjata di Ukraina dan di Palestina]

by -119 Views

Konflik Bersenjata di Ukraina dan Palestina

Pada tahun 2020, di tengah kesulitan dunia menghadapi pandemi COVID-19, terjadi perang baru yang tak terduga. Pada tanggal 24 Februari 2022, terjadi konflik bersenjata terbesar di wilayah Eropa antara Rusia dan Ukraina.

Konflik ini mengganggu stabilitas harga pangan dan energi dunia karena kedua negara tersebut merupakan produsen pangan yang signifikan. Russia dan Ukraina menyumbang 27% dari produksi gandum dunia. Indonesia sendiri masih mengimpor 11 juta ton gandum setiap tahun untuk keperluan mi instan, roti, dan lainnya dari Russia dan Ukraina.

Dampaknya, Indonesia dan negara-negara pengimpor gandum lainnya harus mencari pasokan gandum dari negara lain. Selain gandum, Russia juga merupakan eksportir utama bahan baku pupuk, seperti Kalium, Phosphat, dan Nitrogen. Akibat perang ini, harga pupuk dunia ikut naik. Selain itu, Russia juga merupakan eksportir minyak dan gas terbesar ketiga di dunia.

Konflik di Ukraina, ditambah dengan konflik bersenjata di Palestina, berpotensi meningkatkan harga pangan dan energi karena mengganggu rantai pasok global.

Sumber: https://prabowosubianto.com/tantangan-strategis-global-konflik-bersenjata-di-ukraina-dan-di-palestina/

Source link