Pemenang Nobel Meminta Negara Barat untuk Belajar dari India tentang Apa?

by -85 Views

Pemenang Hadiah Nobel Kimia 2022 Meminta Negara Barat Belajar dari India

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemenang Hadiah Nobel Kimia 2022 tiba-tiba meminta negara-negara Barat untuk belajar dari India terkait fasilitasi dan pendanaan proyek inovasi. Morten Meldal, pemenang Hadiah Nobel Kimia 2022, menyoroti lembaga Dewan Bantuan Penelitian Industri Bioteknologi (BIRAC) yang dimiliki India.

Menurutnya, negara-negara Barat dapat mempelajari dari India di mana BIRAC menghubungkan akademisi dan industri. Hal ini berbeda dengan Barat di mana masing-masing lembaga bersifat independen sehingga tidak terkoordinasi dengan baik.

Meldal mengatakan bahwa BIRAC adalah sebuah organisasi untuk inovasi di India yang mengorganisir semua yayasan yang berbeda. Ini merupakan hal baru yang penting di India yang bisa dipelajari oleh negara-negara Barat di mana lembaga pendanaan merupakan entitas independen dan tidak terkoordinasi dengan baik.

Dalam anggaran pemerintah 2024-2025, Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman juga mengumumkan skema baru bio-manufaktur dan bio-foundry. Ini diharapkan menjadi inovasi baru, alternatif industri yang lebih ramah lingkungan.

Meldal, yang berasal dari Denmark, dianugerahi Hadiah Nobel Kimia tahun 2022 untuk pengembangan inovatif ‘kimia klik dan kimia bio-ortogonal’.