Raja Muslim Terkaya di Dunia Saat Ini Bukan Raja Salman

by -2336 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa dari Anda mungkin menganggap Raja Salman bin Abdulaziz bin Saud dari Arab Saudi sebagai raja Muslim terkaya di dunia. Namun hal itu ternyata salah besar.

Raja Salman tak lebih kaya dari Sultan Brunei Hassanal Bolkiah. Ya, dengan kekayaan senilai US$28 miliar (Rp 438 triliun), Hassanal Bolkiah menduduki peringkat raja terkaya kedua di dunia setelah Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang memiliki kekayaan US$43 miliar, sekaligus raja Muslim yang memiliki kekayaan terbanyak di dunia saat ini.

“Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah … memiliki perkiraan kekayaan bersih US$28 miliar,” tulis VisualCapitalist yang merujuk The Business Standard 2018, dikutip Minggu (17/3/2024).

Sebagian besar kekayaan ini bersumber dari investasi minyak dan gas-sektor ini merupakan penopang perekonomian negara, dan setengah dari PDB Brunei bergantung pada pendapatan minyak,” tambahnya.

“Sang raja suka menghabiskan kekayaannya untuk beberapa kemewahan, termasuk koleksi besar 7.000 mobil senilai lebih dari US$5 miliar, dan beberapa jet pribadi,” jelas laman itu lagi.

Setelah Hassanal Bolkiah, baru Raja Salman menduduki peringkat selanjutnya dengan harta kekayaan US$18 miliar. Emir Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum menduduki posisi selanjutnya dengan kekayaan US$14 miliar.

Raja Muslim terkaya lainnya adalah Raja Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dengan kekayaan US$2 miliar. Lalu Raja Maroko, Mohammed VI dengan kekayaan berjumlah sama.