Pria AS Menjadi Kaya Raya dengan Harta Rp 85 Triliun Berkat Nasihat Ayahnya

by -98 Views

Mark Cuban, seorang miliarder AS, memiliki kekayaan sebesar US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 85,9 triliun. Kekayaan tersebut didapat melalui investasi dan jaringan bisnis yang telah dirintisnya selama bertahun-tahun.

Perjalanan panjang menuju kesuksesan Mark Cuban tidaklah mudah. Ternyata, salah satu kunci keberhasilannya adalah nasihat dari sang ayah. Pada usia 14 tahun, ayah Mark Cuban, Norton, memberitahunya tentang pentingnya waktu dan penghasilan. Norton, yang bekerja 60 jam per minggu di sebuah perusahaan, menasehati Mark bahwa bekerja terlalu lama di suatu perusahaan tidak akan membawa masa depan yang cerah.

Dari sinilah Mark Cuban memutuskan untuk tidak menjadi budak korporat, melainkan fokus menjadi seorang wirausaha. Dengan fokus mengembangkan diri dan berbisnis, Cuban berhasil meraih kekayaan triliunan rupiah.

Selain nasihat tentang waktu, ayah Mark Cuban juga memberikan nasihat tentang pentingnya menabung. Saat berusia 12 tahun, Norton mengatakan bahwa jika ingin memiliki sesuatu, harus menabung terlebih dahulu. Hal ini terbukti saat Mark Cuban ingin membeli sepatu baru dan ayahnya menolak, menyuruhnya menabung, dan akhirnya memulai bisnis kecil-kecilan sebagai reseller.

Nasihat dari ayah inilah yang membentuk jiwa wirausaha Mark Cuban sedari kecil. Sejak remaja, Cuban sudah aktif dalam berbagai usaha sampingan seperti menjual perangko, mengajar kursus, dan membuka bisnis minuman.

Dua nasihat dari ayah tersebut membawanya menjadi salah satu orang terkaya di Amerika Serikat dengan kekayaan mencapai Rp 85,9 triliun. Saat ini, Mark Cuban aktif dalam dunia bisnis dan sebagai investor di berbagai perusahaan besar.