Rahasia Sukses Bisnis di Era Digital Terungkap

by -100 Views

Transformasi digital adalah pemanfaatan teknologi dan pemikiran strategis untuk membantu bisnis berkembang di era digital. Namun, transformasi ini juga harus memiliki dampak positif bagi bumi, masyarakat, dan kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

Situasi seperti ini semakin meningkatkan kebutuhan akan strategi bisnis yang berkelanjutan. Memanfaatkan teknologi dan strategi digital dapat membantu lembaga beroperasi secara berlanjut, mengurangi jejak karbon, serta mematuhi harapan masyarakat dan peraturan hukum mengenai praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Selain itu, mengutamakan prinsip keberlanjutan dengan teknologi digital juga dapat mendorong inovasi dan meningkatkan daya saing di era digital. Oleh karena itu, BINUS Business School International Lecture Week (ILW) mengadakan berbagai sesi untuk memfasilitasi diskusi dan memberikan wawasan terbaru tentang ESG (Environmental, Social, and Corporate Governance) dan transformasi digital. Kedua isu ini semakin populer di dunia bisnis dan saling melengkapi.

International Lecture Week 2023 membahas faktor, peluang, tantangan, serta masalah penting yang dihadapi pemilik usaha dalam mengimbangi transformasi digital dengan keberlanjutan bisnis. Pencapaian ini memerlukan perencanaan dan investasi yang matang, komitmen untuk terus meningkatkan diri, serta beradaptasi di tengah lanskap bisnis yang cepat berubah.

Direktur BINUS Business School, Dezie L. Warganegara, Ph.D., mengungkapkan, “Isu yang sangat penting untuk dibahas dalam lingkungan bisnis saat ini adalah transformasi digital dan keberlanjutan, sehingga akademisi perlu mendorong penerapannya.” International Lecture Week memberikan wawasan penuh dari para profesor dan praktisi industri dalam menjawab tantangan ini.

Pada International Lecture Week kali ini, BINUS Business School menyambut para profesor dari berbagai universitas di dunia, seperti Auckland University of Technology (AUT), Birmingham University, Bournemouth University, ISC Paris, RMIT, The University of Western Australia (UWA), Tokyo University of Science, Universiti Putra Malaysia, University of Newcastle, University of Portsmouth, University of Technology Sydney (UTS), University of Wisconsin, UNSW, dan Victoria University of Wellington (VUW).

Selain para profesor, ILW juga mengundang banyak ahli industri dari berbagai bidang sebagai pembicara. Mereka membagikan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman mereka pada sesi research roundtable dan seminar.

Research roundtable memfasilitasi diskusi antara perwakilan industri, akademisi, dan profesor yang diundang mengenai masalah transformasi digital dan keberlanjutan bisnis. Diskusi ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara riset akademik dengan praktik bisnis. Sementara itu, sesi seminar dengan dosen tamu terbuka bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 untuk meningkatkan pengalaman dan pengetahuan internasional mereka.

Ketua Pelaksana International Lecture Week 2023, Dr. Ami Fitri Utami, SE., MSM, menyatakan harapannya, “Kami berharap acara ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru, serta membuka lebih banyak peluang kolaborasi strategis antara BINUS dan para pemangku kepentingan.”