Capaian Kinerja Polres Nias Selatan dalam Tahun 2023 – Deliknews.com

by -124 Views

Polres Nias Selatan mengadakan kegiatan refleksi akhir tahun 2023 dan outlook tahun 2024 yang dipimpin oleh Kapolres Nias Selatan, AKBP BONEY WAHYU WICAKSONO, S.I.K, di Aula Zoom Meeting Mapolres Nias Selatan, Jl. Mohammad Hatta Kelurahan Pasar Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan, pada hari Minggu (31/12/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut: Wakapolres, Kompol Arius Zega, Kabag Ops, Kompol Mohammad Iskad, Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kasat Intelkam, Kasat Binmas, AKP Piktor Tua P. Silalahi Kasat Lantas, AKP Agus E.M, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nias Selatan, Damai Omega Telaumbanua, dan sejumlah Personil Polres Nias Selatan.

Kapolres Nias Selatan, AKBP Boney Wahyu Wicaksono menyampaikan sejumlah capaian kinerja Polres Nias Selatan sepanjang tahun 2023, baik di bidang pembinaan dan maupun bidang operasional. Ia menyebutkan bahwa Polres Nias Selatan hanya memiliki kekuatan personil sebanyak 336 orang, tetapi telah berhasil meningkatkan penegakan hukum dari tahun sebelumnya.

Terkait gangguan Kamtibmas, terjadi kenaikan 9%, kejahatan konvensional naik 43%, kejahatan transnasional naik 100%, kejahatan terhadap kekayaan negara turun 50%, dan kejahatan berimplikasi kontijensi tetap 0%. Persentase penyelesaian perkara naik menjadi 25%, dan kejahatan paling dominan adalah kejahatan konvensional. Juga terdapat kenaikan 100% kasus kejahatan narkoba, dan penyelesaian pemberantasan peredaran narkotika mengalami kenaikan 100%.

Selain itu, kasus kecelakaan lalu lintas yang ditangani oleh Satlantas Polres Nias Selatan mengalami kenaikan dari 29 kasus di tahun 2022 menjadi 33 kasus di tahun 2023. Polres Nias Selatan juga telah melaksanakan beberapa kegiatan operasi kepolisian seperti Operasi Mantap Brata, operasi keselamatan Toba, OPS Patuh Toba, OPS Bina Karuna, dan OPS Zebra Toba 2023. Sementara itu, kegiatan operasi yang sedang berlangsung adalah operasi Lilin Toba dan operasi Mantab Brata.

Kapolres Nias Selatan juga menyebutkan bahwa Polres Nias Selatan telah melaksanakan kegiatan bhabinkamtibmas sepanjang tahun 2023, termasuk kegiatan Jumat Curhat, problem solving, dan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat sebanyak 2000 paket sembako.

Polres Nias Selatan juga melakukan patroli wisata setiap hari Sabtu dan Minggu untuk memberikan pengamanan di daerah wisata seperti pantai dan desa adat Bawomataluo. Di akhir paparannya, Kapolres Nias Selatan mengucapkan terima kasih kepada seluruh awak media yang telah mendukung Polres Nias Selatan dalam menyampaikan informasi dan himbauan kamtibmas kepada masyarakat sepanjang tahun 2023.