Mengambil Inspirasi dari David Tran, Pengungsi Perang yang Sukses Membangun Kekayaan Rp 15 Tidak Terduga

by -92 Views

David Tran, Pengungsi Vietnam yang Sukses Jadi Miliarder di AS

Jakarta, CNBC Indonesia – Tidak semua pengungsi dari suatu wilayah hidup dalam kemiskinan ketika tiba di negara lain. Salah satunya adalah David Tran.

Tran adalah seorang pengungsi asal Vietnam yang datang ke Amerika Serikat untuk mencari suaka. Di sana, Tran memulai usaha dan kini sukses dengan memiliki kekayaan senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun.

Pada awalnya, David Tran adalah korban dari Perang Vietnam. Dia dan 3.000 orang lain kabur dari Vietnam untuk pergi ke AS pada 1978. Dia datang sebagai pengungsi dan berharap pemerintah AS bersedia menampungnya.

Namun, dia tidak seperti pengungsi lain yang mengandalkan hidup dari bantuan orang. Sebagai bekas pengusaha sukses, dia ingin memulai bisnis di Amerika Serikat dari nol. Mengutip Forbes, Tran menjual simpanan emas 2 Kg miliknya sebagai modal usaha.

Dari modal inilah, Tran memilih bisnis saus sambal khas Vietnam. Soal bisnis ini, Tran memang sudah familier. Kala di Vietnam, dia bersama saudara-saudaranya sudah berdagang saus sambal hingga menjadi kaya raya.

Jadi, ketika memulai bisnis di Los Angeles, Tran sudah tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukannya. Dia hanya butuh waktu dua tahun, tepat pada Januari 1980, untuk menyiapkan bisnis hingga berhasil mendirikan merek saus sambal bernama Huy Fong.

Pada mulanya, Tran memasarkan saus sambal di komunitas Vietnam dan tentu saja langsung laku di pasaran. Meski begitu, hal ini tidak membuatnya tinggi hati.

“Atas dasar inilah dia meluaskan target pasar ke masyarakat luas. Tak disangka, saus sambal buatannya laris-manis di pasaran. New York Times menyebut saus sambalnya sesuai dengan lidah masyarakat AS dan cocok diterapkan di seluruh kuliner.

Sejak itulah, dia mulai mendulang keuntungan. Pada 1987, Tran memindahkan operasional Huy Fong ke gedung yang lebih besar. Lalu satu dekade kemudian, dia membeli pabrik besar untuk produksi ribuan botol saus sambal.

Menariknya, keberhasilan Huy Fong sama sekali tidak melalui iklan, melainkan hanya lewat penjualan dari mulut ke mulut.

Selain itu, dia juga berupaya menjaga harga tidak terlalu mahal.

“Sampai sekarang, Tran masih fokus berjualan. Bahkan, dia tak hanya menjual saus sambal khas Vietnam saja, tetapi juga sambal ulek khas di Indonesia. Semuanya berada di bawah bendera Huy Fong. Atas dasar ini, Huy Fong dinobatkan menjadi raja saus sambal di AS, setelah Tabasco dan Frank’s RedHot.

Sementara, Tran sendiri kini disebut Forbes memiliki harta US$ 1 miliar atau Rp 15 triliun. Dia pun lantas dinobatkan sebagai bekas pengungsi tersukses dan terkaya di Amerika Serikat.