Kisah Muslim Kaya Raya, Mencapai Kekayaan Rp20 Triliun Berkat Mendengarkan Nasihat Orang Tua

by -92 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Ini adalah kisah Syed Mokhtar Albukhary, seorang pengusaha asal Malaysia yang memiliki kekayaan sebesar US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 20,6 triliun. Menariknya, kesuksesan karirnya sebagai seorang pengusaha didapat berkat nasihat dari orang tuanya.

Kisah ini bermula pada tahun 1960-an. Mokhtar berasal dari keluarga yang kurang mampu sehingga ia harus membantu kedua orang tuanya dalam berjualan. Ibunya adalah seorang pedagang sayuran, sementara ayahnya adalah seorang peternak. Sehari-hari, Mokhtar ikut terlibat dalam kegiatan perdagangan di pasar. Berkat pengalaman tersebut, keterampilan wirausaha Mokhtar terasah sejak usia muda meskipun ia putus sekolah.

Karena telah memiliki pengalaman bertahun-tahun, saat memulai bisnis sendiri pada usia 20 tahun atau sekitar tahun 1970, Mokhtar tidak ragu. Ia sudah tahu langkah apa yang harus diambil ketika memulai bisnis. Sebagai hasilnya, pria yang lahir pada 12 Desember 1951 ini memulai bisnisnya sendiri tanpa keraguan setelah mendapatkan pinjaman dari pemerintah.

Awalnya, ia memulai usaha sebagai pedagang beras dan menyewakan truk. Truk-truk yang dimilikinya digunakan sebagai sarana angkutan beras dari para pedagang lain. Dengan demikian, ia tidak hanya mendapatkan keuntungan dari penjualan beras, melainkan juga dari bisnis penyewaan truk. Meskipun masih memulai bisnis dalam skala kecil, Mokhtar selalu mengingat nasihat dari ibunya bahwa sebagian dari kepundan harus disedekahkan. Oleh karena itu, ia rutin membagikan keuntungannya kepada 15 keluarga miskin.

Dengan sikap berbagi dan kecerdasan berwirausaha sejak kecil, setiap langkah bisnis Mokhtar selalu sukses. Tak lama setelah itu, ia mendapat kontrak pasokan beras ke pemerintah. Sejak saat itu, bisnisnya berkembang pesat dan menjadi contoh keberhasilan bagi pengusaha pribumi di Malaysia.

Selain bisnis beras, Mokhtar juga terlibat dalam bisnis perkebunan, pelabuhan, dan manufaktur. Di sektor manufaktur, ia terlibat dalam produksi pakaian militer dan merek-merek terkenal lainnya. Berkat semua bisnis tersebut, majalah Forbes mengakui Mokhtar sebagai orang terkaya di Malaysia sejak tahun 2005. Bahkan pada tahun 2013, ia masuk dalam daftar 50 orang terkaya di dunia. Saat ini, ia menempati peringkat ke-11 orang terkaya Malaysia dengan kekayaan sebesar US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 20,6 triliun.

Meskipun telah menjadi orang terkaya, Mokhtar tetap mengikuti nasihat orang tuanya tentang pentingnya bersedekah. Ia aktif dalam kegiatan filantropi di Malaysia dan memilih untuk hidup sederhana tanpa mengumbar kekayaannya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Miliarder Ini Masuk Islam karena Takut Uangnya Tak Berkah

(mfa/mfa)