Wanita Ini Hanya Menghabiskan Rp 1 Juta/Bulan Meskipun Punya Harta Rp 6 Miliar, Bagaimana Bisa?

by -114 Views

Kadang-kadang semakin besar pendapatan, semakin sering pengeluaran terjadi. Lebih buruk lagi jika uang yang dikeluarkan digunakan untuk hal-hal yang tidak penting atau tidak produktif. Uang akhirnya hilang begitu saja tanpa disimpan dalam tabungan atau instrumen investasi.

Pakar keuangan Amerika Serikat, Carly DeFelice memiliki cara jitu untuk mengatur keuangan berdasarkan pengalaman pribadinya. DeFelice adalah seorang pakar keuangan berusia 38 tahun yang juga memiliki kursus pengelolaan uang bernama Best Money Class Ever. Selain itu, dia juga bekerja sebagai manajer di sebuah perusahaan.

Menurut DeFelice, gajinya mencapai US$ 58.000 per tahun atau US$ 4.833 per bulan, setara dengan Rp 75 juta per bulan. Total keseluruhan harta dan investasinya mencapai US$ 400.000 atau Rp 6 miliar.

Meskipun memiliki gaji dan aset sebanyak itu, DeFelice hanya menghabiskan US$ 123 atau Rp 1,9 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut DeFelice, rahasia dia bisa hemat adalah karena memiliki daftar belanja. Dia selalu menyusun daftar barang-barang apa saja yang harus dibelinya selama setiap minggu.

Dengan sistem seperti ini, seseorang bisa membuat skala prioritas terhadap barang yang akan dibeli. DeFelice selalu membeli barang-barang primer terlebih dahulu, seperti bahan makanan dan bensin. Barulah setelah itu, dia mengalokasikan biaya untuk barang-barang tersier.

DeFelice menyarankan agar setiap orang membuat daftar belanjaan agar lebih patuh dan disiplin terhadap keuangan pribadinya. Keberadaan daftar tersebut juga membuat seseorang bisa mengetahui anggaran mana yang seharusnya tidak diperlukan setiap bulannya.

Dengan mencoba tips dari DeFelice, tidak berarti kamu tidak bisa bersenang-senang. Kamu masih bisa menjalani hidup yang enak dan menyenangkan meskipun hidup hemat. Selamat mencoba!