Keamanan & Privasi Data: Solusi Terdepan

by -102 Views

Mengiringi kemajuan teknologi digital, pengelolaan sumber daya manusia (SDM) menghadapi tantangan yang kian kompleks. SDM dalam skala enterprise membutuhkan sistem yang canggih dan efisien. Untuk itu, divisi SDM pada setiap perusahaan wajib memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi seperti Human Resource Information System (HRIS) dari Mekari Talenta untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari dan menghadapi tantangan era digital.

Tantangan Mengelola Keamanan dan Privasi Data HRIS Enterprise
HRIS pada skala enterprise menyediakan berbagai manfaat. Namun, ada banyak tantangan besar yang dihadapi oleh perusahaan saat mengadopsi platform ini. Inilah tantangan yang dihadapi SDM yang wajib diketahui.
1. Pencarian Kandidat Karyawan Berkualitas
Rekrutmen karyawan merupakan salah satu pekerjaan utama sekaligus tantangan terbesar yang dihadapi divisi SDM di era digital. Terjadi ketimpangan antara jumlah tenaga kerja tingkat manajerial dengan lapangan kerja menimbulkan ketatnya persaingan job seeker dan membuat rumit menetapkan kandidat yang sesuai. Kerahasiaan data kandidat tersebut harus mendapatkan perlindungan keamanan yang tinggi menggunakan teknologi canggih.

2. Manajemen Karyawan
Pengelolaan karyawan dan mempertahankan karyawan berkualitas yang sudah ada juga menjadi tantangan tersendiri bagi divisi SDM. Keberhasilan bisnis sangat ditentukan oleh karyawan berkualitas yang menduduki posisi strategis. Isu krusial adalah menentukan core activity yang akan diimplementasikan oleh SDM terhadap karyawan unggulan. Divisi SDM tidak hanya memiliki kemampuan di bidang administratif saja, tapi juga harus memiliki skill manajemen yang kuat dan kemampuan melindungi data perencanaan core activity dengan dukungan teknologi canggih.

3. Kebutuhan Akses yang Beragam
Dalam lingkungan HRIS enterprise, berbagai pemangku kepentingan memerlukan akses yang berbeda-beda. Mulai dari manajer hingga karyawan, setiap individu membutuhkan tingkat akses yang sesuai dengan tugas harian dan tanggung jawab masing-masing. Menjaga keseimbangan antara keterbukaan informasi dan kebutuhan untuk melindungi data yang sensitif menjadi suatu tantangan tersendiri.

4. Ancaman Cyber Crime
Ancaman keamanan digital terus meningkat dan menimbulkan banyak kasus kebocoran data perusahaan. Spionase cyber dan hacker melakukan pencurian data penting dan mengakses sistem komputer, bahkan di tingkat perusahaan raksasa. Kebijakan keamanan harus terus diperbarui untuk mengatasi risiko baru yang muncul. Hal ini memerlukan upaya yang berkelanjutan untuk menjaga sistem dan data perusahaan tetap aman.

5. SDM Melek Teknologi
Kesiapan divisi SDM dalam beradaptasi terhadap penggunaan teknologi digital yang berubah cepat menjadi tantangan tersendiri. Berbagai teknologi inovasi berupa software dan aplikasi untuk menangani pekerjaan administrasi wajib dikuasai untuk menangani pekerjaan harian dengan efisien.

Solusi Mekari Talenta Terhadap Tantangan Keamanan dan Privasi Data HRIS Enterprise
Mekari Talenta hadir sebagai solusi atas berbagai tantangan keamanan dan privasi data dalam pengembangan HRIS enterprise. Berikut adalah beberapa fitur dan keunggulan software Talenta dalam menanggapi tantangan tersebut.

1. Manajemen Akses yang Fleksibel
Software Talenta menawarkan manajemen akses yang canggih dengan sistem cloud-based. Sistem tersebut memungkinkan perusahaan menyesuaikan tingkat akses berdasarkan peran dan tanggung jawab masing-masing individu. Ini membantu menjaga privasi data tanpa mengorbankan keterbukaan informasi yang dibutuhkan.

2. Proteksi Data
Data pribadi yang disimpan dalam Talenta Mekari dienkripsi dengan standar keamanan tinggi basis data bersertifikat ISO 27001 dan standar AWS. Ini melindungi informasi sensitif dari ancaman eksternal dan internal, memberikan kepercayaan kepada pengguna bahwa data mereka aman.

3. Arsitektur Microservices yang Tangguh
Talenta Mekari dirancang dengan arsitektur microservices untuk meningkatkan skala komponen yang membuat platform lebih fleksibel dan efisien. Jaringan berada di lingkungan cloud-based terpercaya dan aman untuk menjaga kerahasiaan data privasi, integritas, hingga pengelolaan payroll dengan kemampuan akses multi-availabilitas untuk fleksibilitas dan kenyamanan penggunaan perangkat.

4. Automasi Sistem
Mekari Talentamemanfaatkan sistem automasi untuk mengidentifikasi dan memitigasi lalu lintas yang tidak sehat terhadap akses data penting. Hal ini juga bertujuan sebagai lapisan perlindungan tambahan terhadap ancaman cyber crime. Sistem memisahkan data karyawan, data core activity, dan data konsumen, serta memastikan keseluruhan data mendapat perlindungan tingkat tinggi untuk memastikan kerahasiaan data tetap terjaga dan aman.

5. Manajemen Risiko
Dilakukan perlindungan komprehensif terhadap ancaman dan risiko pencurian data dengan akses cloud-based dan pemantauan perangkat jarak jauh sehingga mudah diakses dari mana saja. Tersedia fitur perekaman data cadangan sebagai lapisan perlindungan tambahan terhadap risiko kehilangan atau kerusakan data. Software juga dilengkapi dengan sistem deteksi ancaman internal untuk mencegah kebocoran data HR di tingkat yang lebih tinggi.

Mekari Talenta membuktikan diri sebagai solusi yang tangguh untuk mengatasi tantangan keamanan dan privasi data dalam pengembangan HRIS enterprise. Dengan fitur-fitur canggih dan pendekatan holistik terhadap keamanan informasi, software ini memberikan jaminan data perusahaan dikelola dengan aman dan efisien. Mekari Talenta merupakan aset penting dan menjadi mitra terpercaya lebih dari 35 ribu bisnis Indonesia dari berbagai industri.