Jelajahi, Makanan-Makanan Lezat yang Harus Dicoba Saat Berlibur di Jogja!

by -92 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Yogyakarta dikenal sebagai kota dengan beragam destinasi wisata yang selalu menarik hati para wisatawan untuk mengunjungi atau sekadar bernostalgia. Memang tidak lengkap jika berlibur ke Jogja tanpa mencoba kuliner yang tersebar di berbagai penjuru kota. Selain harganya yang terjangkau, kuliner-kuliner di Jogja menawarkan cita rasa khas yang unik.

Tidak heran jika berbagai macam kuliner Jogja dengan harga yang terjangkau berhasil menarik baik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk kembali berkunjung. Berburu kuliner khas Jogja akan terasa lebih mudah dan murah dengan memesan tiket kereta tujuan Jogja melalui Traveloka.

Untuk memenuhi rasa penasaran Anda tentang berbagai kuliner di Kota Jogja, berikut ini ulasan dan rekomendasi makanan yang wajib dicoba!

Karangan
Jika Anda adalah pecinta kuliner dengan cita rasa otentik, maka Karangan adalah salah satu menu yang wajib dicoba saat berada di Jogja. Olahan rumput laut yang mulai langka ini sangat bergizi. Berbeda dengan kebanyakan makanan di Jogja yang mudah ditemukan di berbagai sudut kota, Anda hanya bisa menemukan makanan tradisional ini di tempat dan waktu tertentu saja, seperti di Pasar Turi setiap pasaran Pahing atau di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogja. Sulitnya menemukan makanan ini dikarenakan bahan bakunya sulit ditemukan dan proses pembuatannya memakan waktu lama.

Soto Bathok
Jogja juga memiliki soto khas yang disajikan menggunakan tempurung kelapa yang unik. Soto bathok memiliki isian daging sapi dengan kuah bening yang gurih. Banyak wisatawan yang ketagihan dengan soto yang satu ini. Rasanya akan lebih nikmat jika disandingkan dengan sate usus, telur puyuh, dan tempe goreng. Hanya dengan Rp 5.000, Anda bisa menikmati soto bathok Mbah Katro di Candi Sambisari, Kalasan, Sleman.

Sate Kere
Saat singgah di Pasar Beringharjo, jangan lewatkan untuk mencicipi Sate Kere. Sate yang berbahan dasar jeroan sapi ini bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Satu porsi sate kere terdiri dari beberapa tusuk sate jeroan sapi, tempe gembus, potongan lontong, dan bumbu kacang yang gurih.

Oseng Mercon
Bagi pecinta kuliner pedas, Oseng Mercon adalah menu wajib ketika mengunjungi Jogja. Cita rasa pedas oseng mercon akan lebih nikmat jika ditambah dengan telur, ayam, tahu, dan tempe. Anda bisa menikmati oseng mercon mulai pukul 6 sore di daerah Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta.

Sate Klatak
Sate klatak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sate kambing. Perbedaannya adalah sate klatak ditusuk menggunakan besi dari velg sepeda. Anda bisa menikmati sate klatak mulai dari Rp 12.000. Rasanya lebih lezat jika disantap dengan gule kambing.

Gudeg
Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang hampir semua orang di Indonesia kenal. Proses pembuatan gudeg cukup unik dan membutuhkan waktu yang lama. Hidangan gudeg akan lebih nikmat jika disajikan dengan krecek dan opor ayam. Meskipun kini gudeg diproduksi dalam bentuk makanan kaleng, namun mengunjungi berbagai angkringan di Jogja yang menyajikan gudeg sebagai makanan otentik tetap menjadi pilihan yang tepat.

Berwisata kuliner adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi suatu daerah. Setiap daerah memiliki kuliner khasnya sendiri yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Jogja adalah salah satu daerah dengan beragam kuliner khas yang menarik wisatawan untuk terus kembali. Anda bisa menemukan berbagai makanan lezat dengan harga yang terjangkau di Jogja.

(Artikel ini didukung oleh Traveloka)