Nikmati Ragam Budaya & Tradisi Makassar di Liburanmu

by -123 Views

Makassar terkenal dengan budayanya yang kaya dan beragam. Budaya ini diwariskan dari generasi ke generasi dan masih dilestarikan hingga saat ini. Keberagaman budaya ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Makassar, seperti bahasa, seni, dan kuliner. Bila Anda tertarik untuk berlibur ke kota ini, manfaatkan promo liburan ke Makassar dari Traveloka, #Don’tWorryNoRugi dengan promo hingga Rp 2 juta dan fitur fleksibilitas untuk berbagai produk Travel (Tiket Pesawat, Hotel dan Xperience) di Traveloka App. Dapatkan pengalaman wisata berbeda di Kota Makassar, yang tentunya belum pernah Anda rasakan di mana pun.

Beberapa budaya lokal yang bisa Anda temui saat berkunjung ke Makassar, di antaranya:
1. Mengenal Bahasa Makassar
Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Makassar adalah bahasa Makassar. Bahasa ini termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia dan memiliki kemiripan dengan bahasa Bugis. Bahasa Makassar memiliki aksara sendiri yang disebut aksara Lontara. Aksara ini berasal dari aksara Brahmi dan telah digunakan sejak abad ke-17. Sedangkan struktur kalimat dalam Bahasa Makassar adalah Subjek-Objek-Kata Kerja (SOV) dan kata gantinya memiliki jenis kelamin dan jumlah. Lalu penanda waktu dalam Bahasa Makassar diletakkan di depan kata kerja.

2. Menyaksikan Tari Tradisional
Makassar memiliki berbagai macam tarian tradisional yang mencerminkan nilai-nilai budaya dan sejarah masyarakatnya. Beberapa tarian terkenal seperti Tari Pakarena, Tari Gandrang Bulo, dan Tari Pepe-Pepe. Menyaksikan tarian tradisional ini akan memberikan Anda pengalaman budaya yang autentik dan tak terlupakan. Selain di berbagai festival, Anda juga dapat menyaksikan tari tradisional di beberapa hotel, restoran, dan kafe di Kota Makassar. Biasanya, pertunjukan ini diadakan pada malam hari untuk menghibur para tamu. Untuk mencari tempat menyaksikan tari tradisional di Kota Makassar Anda bisa menanyakan penduduk setempat tentang tempat-tempat untuk menyaksikan tari tradisional. Anda juga dapat mencari informasi tentang pertunjukan tari tradisional di website Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, atau di media sosial. Di samping itu bisa dengan mengunjungi tempat-tempat wisata budaya, seperti Anjungan Sulsel, Taman Budaya Indonesia (TBI) Daya Bakti, dan Benteng Rotterdam biasanya sering mengadakan pertunjukan tari tradisional.

3. Mencicipi Kuliner Khas Makassar
Masyarakat Makassar memiliki berbagai kuliner khas yang lezat dan terkenal. Salah satu kuliner khas yang terkenal adalah Coto Makassar. Makanan ini terbuat dari daging sapi dan kuah kacang. Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat dan sambal. Beberapa tempat makan Coto Makassar legendaris yang terkenal ada di berbagai penjuru kota. Jadi, tidaklah sulit menemukan makanan khas ini.

4. Nilai Budaya
Budaya lokal dan tradisi masyarakat Makassar memiliki berbagai nilai budaya yang penting. Nilai-nilai budaya ini diwariskan dari generasi ke generasi dan masih dilestarikan hingga saat ini. Salah satu nilai budaya yang penting adalah sipakatau. Sipakatau adalah nilai budaya yang menekankan pada pentingnya musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah. Dengan memahami budaya lokal dan tradisi masyarakat Makassar, liburan Anda akan menjadi pengalaman yang berharga. Jangan ragu untuk menjelajahi dan meresapi keindahan dan kekayaan budaya yang ditawarkan oleh kota ini saat Anda berkunjung ke Makassar.

Moda Transportasi untuk Berkunjung ke Kota Makassar
Makassar berada di pesisir barat daya pulau Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Selatan. Ada berbagai cara untuk bisa ke Makassar. Berikut beberapa pilihan moda transportasi yang bisa Anda gunakan.
1. Pesawat
Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk pergi ke Makassar. Ada banyak maskapai penerbangan yang melayani rute ini, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air. Bila Anda dari Jakarta, ke Kota Makassar waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam.

2. Kapal Laut
Anda dapat pergi ke Makassar dengan kapal laut dari beberapa pelabuhan di Pulau Jawa, seperti Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta), Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang), dan Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya). Bila Anda dari Jakarta, memerlukan waktu sekitar 3-4 hari untuk tiba di Makassar.

3. Bus
Moda transportasi bus tujuan Makassar bisa menjadi pilihan dari beberapa kota seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Waktu tempuh dari Jakarta ke Makassar dengan bus adalah sekitar 3-4 hari.

4. Kendaraan Pribadi
Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, Anda dapat pergi ke Makassar via jalur darat. Perjalanan dari Jakarta ke Makassar dengan kendaraan pribadi memakan waktu sekitar 3-4 hari. Pilihlah moda transportasi yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan perjalanan Anda. Pastikan pakai Traveloka untuk kebutuhan dan rencana liburan ke dalam negeri, karena selalu ada promo di dalam negeri. Jadi, Anda bisa memanfaatkan promo liburan untuk mendapatkan pengalaman yang semakin menyenangkan di kota Makassar.