Orang Terkaya Jepang Memiliki Kekayaan Rp585 T Namun Hanya Memiliki 2 Baju

by -89 Views

Kisah menarik datang dari orang terkaya Jepang, Tadashi Yanai. Meski punya harta Rp 585 triliun, rupanya dia punya kebiasaan menarik, yakni jarang membeli baju.

Kepada CEO Magazine, Yanai mengaku hanya memiliki 2 jenis baju yang sering dipakai bergantian. Dua baju itu adalah wol Merino berwarna biru tua seharga US$15 dan setelan biru +J hasil kolaborasi Uniqlo dengan desainer Jerman Jil Sander.

Alasan Yanai melakukannya karena prinsip kesederhanaan. Seperti orang Jepang pada umumnya, dia tak ingin terlihat lebih menonjol dan ingin hidup biasa-biasa saja, sekalipun di balik itu semua Yanai adalah orang terkaya no.1 di Jepang.

Selain itu, keputusan hanya memiliki 2 baju karena dia tidak mau terlalu pusing memikirkan pakaian yang dikenakan sehari-hari. Sebab, katanya, banyak orang menghabiskan energi dan jadi kelelahan hanya untuk mengambil keputusan: memakai baju apa hari ini?

Meski hanya punya 2 jenis baju yang dipakai bergantian, Yanai punya jutaan baju lain yang berada di etalase toko miliknya, yakni Uniqlo. Perlu diketahui, Tadashi Yanai adalah pendiri dan pemilik dari jaringan ritel toko pakaian terbesar di Asia tersebut.

Uniqlo berdiri pada 1984 dan sampai sekarang memiliki 2.400-an gerai di seluruh dunia. Di Indonesia saja terdapat 63 gerai Uniqlo. Atas besarnya kerajaan bisnis ini, Yanai dinobatkan Forbes sebagai orang terkaya nomor satu di Jepang.

Sedangkan Bloomberg International Index menempatkannya di urutan ke-35 sebagai orang terkaya di dunia. Tercatat, harta kekayaannya mencapai US$ 38,6 miliar atau setara Rp585 triliun.