Jika Prabowo Jadi Presiden, di Mana Rumahnya?

by -84 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029. “KPU menetapkan paslon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai paslon presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024 – 2029,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari dalam sidang pleno, Rabu.

Sesuai jadwal KPU, Prabowo Subianto akan mengucap sumpah sebagai Presiden RI pada hari Minggu, 20 Oktober nanti. Salah satu hal menarik yang menyertai saat pelantikan Prabowo Subianto nanti adalah mengenai tempat tinggalnya. Saat resmi menjadi presiden, di mana Prabowo akan tinggal?

Hingga saat ini, belum ada jawaban resmi terkait pertanyaan tersebut. Namun, kita dapat membuat prediksi berdasarkan fakta sejarah dan kediaman pribadi Prabowo. Prabowo saat ini memiliki dua rumah pribadi. Pertama, di Jl. Kertanegara No.4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang merupakan rumah warisan dari ayahnya, Sumitro Djojohadikusumo. Kedua, di Desa Bojongkoneng, Hambalang, Bogor, yang dibangun saat Prabowo pensiun dari militer dan aktif berbisnis.

Sebagai presiden, dia dapat memilih salah satu dari dua rumah tersebut sebagai tempat tinggal. Namun, banyak Presiden Indonesia di masa lalu yang memilih tinggal di rumah pribadi selama masa jabatannya. Contohnya Presiden Soeharto yang tinggal di Jl. Cendana, Menteng, Presiden B.J Habibie yang tinggal di Kuningan, Jakarta Selatan, Presiden Megawati yang tinggal di Jl. Teuku Umar, dan Presiden SBY yang tinggal di Cikeas.

Selain itu, Prabowo juga bisa tinggal di salah satu dari enam Istana Kepresidenan yang ada di Indonesia, seperti Istana Merdeka, Istana Bogor, atau nantinya Istana Negara di IKN. Sejarah juga mencatat tiga Presiden Indonesia sebelumnya yang tinggal di istana selama masa kepresidenan, yaitu Soekarno, Abdurrahman Wahid, dan Jokowi.

Dengan demikian, ketika dilantik menjadi Presiden Indonesia ke-8, Prabowo Subianto diprediksi akan tinggal di rumah Jl. Kertanegara, rumah Hambalang, dan salah satu dari istana milik negara.

[Gambas:Video CNBC]

(mfa/sef)