Inilah Keluarga Terkuat dan Terkaya di Palestina, Anak dan Cucu Bergabung Melawan Israel

by -54 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Invasi Israel ke tanah Palestina telah menimbulkan simpati banyak orang. Ada yang memberikan bantuan, ada juga yang ikut ‘turun gunung’ melawan Israel dengan caranya sendiri. Salah satu kelompok yang ikut melawan Israel adalah keluarga al-Masri.

Menurut The Encyclopedia of the Arab-Israeli Conflict (2008), al-Masri adalah keluarga paling berpengaruh dan kuat yang berasal dari Nablus, Tepi Barat, Palestina. Nama keluarga ini, seperti yang tercatat dalam Dictionary of American Family Names edisi kedua (2022), berasal dari Mesir. Namun, tidak diketahui lebih lanjut siapa orang pertama yang menggunakan nama ini.

Anggapan bahwa al-Masri sebagai keluarga paling berpengaruh dan kuat tidak terlepas dari fakta banyaknya anggota keluarga tersebut yang menjadi orang sukses dan memiliki posisi kuat di Palestina. Selain itu, keluarga al-Masri juga dikenal sebagai keluarga terkaya karena banyak anggotanya yang menjadi pengusaha sukses. Menurut Historical Dictionary of Palestine (2022), ada 8 tokoh dari keluarga al-Masri yang memiliki status seperti itu.

Semuanya memiliki kisah hidup yang hampir serupa, awalnya lahir di Nablus, kemudian terusir akibat pendudukan Israel hingga berhasil menetap di negara lain. Perbedaan terletak pada profesi yang ditekuni, profesi beragam keluarga al-Masri menjadikan mereka katalisator dalam perjuangan melawan pendudukan Israel.

Siapa saja anggota keluarga tersebut?

1. Hani al-Masri
2. Hikmat al-Masri
3. Ma’azuz al-Masri
4. Maher al-Masri
5. Rashad al-Masri
6. Zafer al-Masri
7. Munib al-Masri
8. Bashar al-Masri

Keluarga al-Masri terkenal untuk dedikasinya dalam membantu warga Palestina melalui berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, hingga kemanusiaan. Mereka merupakan contoh perlawanan dan ketahanan terhadap pendudukan Israel.