Pria asal Semarang Menjadi Legenda, Sukses Mengajarkan Jutaan Muslim Cara Menjalankan Shalat

by -64 Views

Setiap Muslim wajib menjalankan shalat. Selama seseorang masih hidup, dia diwajibkan untuk shalat tanpa bisa diwakilkan. Pengetahuan tentang shalat bagi masyarakat Indonesia saat ini mungkin sangat dipengaruhi oleh Drs. Moh. Rifa’i.

Banyak orang mungkin tidak mengenal siapa Drs. Moh. Rifa’i, tetapi jika melihat karyanya, pasti tidak akan bisa dipercaya. Rifa’i adalah penulis buku “Risalah Tuntutan Shalat Lengkap” yang pertama kali diterbitkan pada 10 November 1976 atau 19 Dzulhijjah 1396.

Buku “Risalah Tuntutan Shalat Lengkap” adalah salah satu buku Muslim yang legendaris di Indonesia. Jika seseorang ingin mempelajari Al-Qur’an, mereka bisa membeli buku Iqro karya K.H As’ad Humam. Sedangkan, jika ingin mendapatkan pengetahuan tentang shalat, tentu buku “Risalah Tuntutan Shalat Lengkap” adalah jawabannya.

Saat pertama kali terbit pada tahun 1976, buku tersebut tidak ditujukan untuk masyarakat umum. Dalam kata pengantar bukunya, Rifa’i mengatakan bahwa buku tersebut disusun sebagai pedoman tambahan bagi para guru agama honorer dan penyuluh agama di Jawa Tengah.

Namun, sudah jelas bahwa buku tersebut memiliki pasar yang sangat luas. Ada jutaan orang di Indonesia, dan juga di luar negeri, yang membacanya dan menjadikannya sebagai pedoman. Pada acara tahunan “Islamic Book Fair” 2019, buku tersebut terjual lebih dari 60 juta eksemplar sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1976.

Terkait dengan penjualan, pihak penerbit buku Rifa’i sejak tahun 1976, yaitu PT Karya Toha Putra, menyatakan bahwa buku tersebut rata-rata telah dicetak lebih dari 1,2 juta eksemplar dalam 5 tahun terakhir.

Jika satu eksemplar dibaca oleh satu orang, maka sudah ada 1 juta orang yang membacanya. Dan jika ada lebih dari satu pembaca, maka sudah belasan atau puluhan juta orang yang membacanya. Karena itu, dalam Islamic Book Fair 2019, Drs. Moh. Rifa’i diberi penghargaan Lifetime Achievement Award sebagai bentuk apresiasi.

Buku tersebut laris karena sederhana dan mudah dimengerti. Meskipun buku tersebut sudah menjadi legenda, tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan pribadi Drs. Moh. Rifa’i.

Rifa’i bukan seorang ulama atau kyai. Dia hanyalah seorang pegawai Departemen Agama di Semarang yang tinggal di dekat RS Tugu, dan meninggal sekitar tahun 2019-2020. Meskipun Rifa’i sudah tiada, melalui bukunya “Risalah Tuntutan Shalat Lengkap” dia akan selamanya dikenang oleh generasi selanjutnya. Melalui buku legendaris itu, Rifa’i telah menjadi ‘pahlawan’ yang membuat jutaan Muslim dapat menjalankan shalat, sehingga itu semua menjadi amal jariah yang tiada terputus.